Brilio.net - Tedak siten merupakan salah satu upacara adat Jawa untuk menandai bayi pertama kali menginjakkan kaki di tanah. Seperti namanya yang berarti 'menginjak di tanah/bumi', biasanya tedak siten ini digelar sebagai bentuk rasa syukur saat anak berusia 7-8 bulan. Di mana pada usia tersebut, merupakan fase anak bisa berdiri dan latihan berjalan.

Namun, apa jadinya jika tedak siten ini digelar untuk bayi kucing? Akun TikTok @riomaryono lah yang baru-baru ini mengunggah momen mengejutkan tersebut. Pria bernama Rio ini rupanya melakukan tradisi tedak siten untuk kucing kesayangannya, baby cat Devon.

"Prosesi tedak siten (menginjakkan kaki ketanah) baby cat Devon," tulisnya di keterangan video, dikutip brilio.net dari TikTok @riomaryono pada Senin (7/2).

tedak siten kucing © TikTok

foto: TikTok/@riomaryono

Tampak dalam video, Rio menempatkan kucingnya pada bantal mungil. Ia kemudian menaruh kucingnya itu di dekat makanan-makanan yang sudah disiapkan.

Jenis makanannya pun lengkap seperti layaknya tradisi Jawa pada umumnya. Ada jadah putih, wajik merah, serta nasi gurih dengan lauk ayam goreng, sambal goreng ati, mi, buah, hingga jajanan pasar.

Baby cat Devon juga diletakkan dalam kandang yang sudah dihiasi. Dalam kandannga ada uang, makanan kucing, serta mainan.

Nggak hanya itu, beberapa orang yang menyaksikan upacara tedak siten itu juga berdandan dengan busana adat Jawa seperti batik dan jarik.

Rio kembali menuturkan bahwa upacara tedak siten ini tetap memiliki tujuan yang baik untuk Devon. "Tujuan tedak siten supaya Devon bisa melewati semua fase kehidupan dengan bagus dan lancar," imbuh Rio.

tedak siten kucing © TikTok

foto: TikTok/@riomaryono

Hingga berita ini ditulis, video yang diunggah sejak 6 Februari 2022 ini sudah ditonton lebih dari 700 ribu kali. Warganet pun ramai meninggalkan tanggapannya di kolom komentar.

"gue aja nggak pernah ditedak sitenin," komentar akun @auahgelap

"ketika orang kaya gabut," imbuh akun @RJGDDewisri

"Masih menunggu artinya kenapa Devon mencakar uang, mainan, dan makanan," tulis akun @and_me1995

@riomaryono Prosesi tedak siten (menginjakkan kaki ketanah) baby cat Devon #AllOfUsAreDead #jogja #kucinglucu #babycat #@onthespott7 @brownisttv @liputan6.sctv suara asli - Prana Darpito W - Prana Darpito Widyasworo

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)