Brilio.net - Kegemaran terhadap burung bukan hal baru bagi pria bernama Robby Eka Wijaya. Warga Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat ini sedang menjadi perbincangan hangat lantaran membeli burung merpati dengan harga fantastis.

Robby membeli burung merpati seharga Rp 1 miliar atau setara dengan harga rumah mewah. Dikutip dari merdeka.com, Robby mengungkapkan bahwa dirinya membeli burung dari warga asal Bandung. Burung tersebut diberi nama Jayabaya.

Robby rela merogoh kocek hingga Rp 1 miliar untuk burung merpati bukan tanpa alasan. Robby telah mengetahui bahwa burung Jayabaya memiliki segudang prestasi di perlombaan. Alasan tersebut membuat Robby tertarik untuk membeli Jayabaya dengan harga relatif tinggi.

"Burung ini sudah sering menang sebagai juara dalam berbagai lomba. Dari 15 hingga 20an kali perlombaan yang diikuti, persentase kemenangan Jayabaya ini bisa mencapai 70 hingga 80 persen," kata Robby dikutip dari merdeka.com.

Selain prestasi, Jayabaya memiliki performa yang konsisten dan berusia muda, yakni 2 tahun.

Sebelum memutuskan membeli Jayabaya, Robby sudah mengikuti rekam jejaknya sejak setahun lalu. Pemantauan bahkan dilakukan bersama timnya. Robby memang sejak kecil hobi memelihara burung sampai akhirnya mengoleksi puluhan burung. Dengan kecintaannya tersebut, dia sangat tahu jenis burung yang sangat bagus.

Robby menceritakan kecintaan dengan burung sudah sejak sekolah dasar (SD) sekitar tahun 1994. Saking cintanya, Robby pun tergabung dengan komunitas sesama pecinta burung dara bernama Penggemar Merpati Tinggi Indonesia (PMTI). Bahkan dia memiliki tim internal bernama Royal. Anggotanya adalah pegawainya sendiri. Sampai sekarang sudah puluhan burung dia miliki dan dia rawat.

"Sudah ada 60 ekor burung dara. Burung-burung itu saya ikutkan perlombaan tingkat lokal hingga nasional diberbagai kota," jelas Robby.

Pria berusia 34 tahun ini menceritakan, merawat burung seperti merawat makhluk hidup umumnya. Selain diberi makanan, burung tersebut juga diberi vitamin. Dia tidak membedakan cara perawatan untuk Jayabaya yang merupakan burung super mahal.