Brilio.net - Rumah unik berhias tutup botol di Rusia menjadi viral di media sosial. Ternyata cerita di baliknya begitu unik karena dibuat oleh seorang lansia. Usia bukan penghalang bagi siapa saja yang ingin menuangkan kreativitas. Buktinya seperti nenek bernama Nina Krinitsina asal Makarye, Rusia yang membuat karya dari tutup botol untuk menghias rumahnya.

Nenek Nina menghias rumahnya dengan gambar-gambar kartun lucu yang terbuat dari tutup botol plastik. Uniknya, semua gambar itu adalah karyanya sendiri dengan waktu pengerjaan tujuh tahun lamanya.

Nenek Nina memiliki tujuh mozaik kartun. Dia membuatnya dari tutup botol berwarna-warni yang dipaku di dinding rumahnya.

Kreativitas Nenek Nina pertama kali muncul karena dorongan keponakannya. Si keponakan memberikan gambar desain mozaik yang diunduh dari internet kepada Nenek Nina.

Lalu, Nenek Nina mencoba menyusunnya dengan kacang polong pada awalnya. Beberapa waktu kemudian, Nenek Nina memilih bahan yang tepat, yaitu tutup botol plastik. Tentu dia membutuhkan banyak tutup botol beragam warna untuk bahan baku. Untuk itu, Nenek Nina tak segan mengunjungi tempat pembuangan sampah untuk mendapatkannya.

Loading...

Nenek nina © 2020 brilio.net

Nenek nina-© 2020 brilio.net/Odditycentral

Saya tidak menyembunyikannya, saya datang ke tempat pembuangan sampah untuk mencari tutup botol," kata Nenek Nina seperti dilansir brilio.net dari Oddity Central, Rabu (25/3).

Hasil yang didapat Nenek Nina dari berburu tutup botol tidak pasti. Dia sehari bisa mendapatkan 100, 200, bahkan kadang hanya 10 tutup botol.

"Ada yang bilang ada pemabuk tinggal di sini, tapi saya tidak menemukan satupun gabus anggur atau tutup botol vodka," kata dia.

Karya Nenek Nina mulai viral di dunia maya pada 2014 setelah diunggah oleh blogger Rusia. Kebetulan, blogger tersebut sedang melintas di depan rumah Nenek Nina di Makarye.

Kala itu, Nenek Nina sudah punya beberapa karya mozaik lucu. Kebanyakan gambar tersebut merupakan karakter dari kartun Soviet dan cerita rakyat Rusia.

"Ini menenangkan saya," kata Nenek Nina.

Kini, rumah Nenek Nina telah menjadi salah satu atraksi wisata di Makarye. Banyak keluarga dari berbagai daerah di Rusia membawa anak-anak mereka untuk mengagumi karyanya.

Sejumlah tetangga mulai menyumbang tutup botol plastik kepada Nenek Nina. Tetapi, lebih banyak lagi tutup botol yang dicarinya sendiri.

"Jika saya berjalan dan melihat botol tergeletak dan masih ada tutupnya, maka saya buka tutupnya," kata dia.

RECOMMENDED BY EDITOR