Brilio.net - Pola lantai adalah arah penari dari titik satu ke titik lainnya dan arah hadap berlawanan penari dengan penari lainnya. Pola lantai juga dapat diartikan sebagai garis-garis lantai yang dilalui oleh penari. Perpindahan pola lantai sering digunakan pada waktu pertukaran gerak dan perubahan musik.

Pola lantai dapat dibuat dalam beberapa macam yaitu ke depan, ke belakang, ke samping, ke kiri, ke kanan, diagonal atau menyudut, segitiga, segiempat, bulat, huruf V atau L. Selain itu, bisa juga bentuk angka delapan, garis lengkung atau spiral, dan kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung.

Pola lantai merupakan bagian dari bentuk posisi atau formasi dalam seni tari. Pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan seni tari sehingga perlu memperhatikan beberapa hal seperti jumlah penari, ruangan atau panggung pertunjukan dan juga gerakan tari.

Nah untuk mengetahui lebih jauh mengenai pola lantai dalam seni tari, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (8/7).