Brilio.net - Saat ini kebanyakan penjual buku menjajakan koleksi buku-bukunya di dalam sebuah toko. Selain itu, terkadang kita juga kerap menemukan penjual buku di festival atau bazar. Ternyata, nggak hanya menjajakannya di toko atau acara bazar, masih ada beberapa penjual buku yang menjajakannya dengan berkeliling.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh seorang kakek penjual buku di wilayah Bandung. Ia diketahui menjual beragam jenis bacaan, dari bacaan iqra hingga juz amma. Tak hanya menjajakan koleksi bukunya, kakek tersebut berhasil mengejutkan publik karena pintar berbahasa Inggris.

Dalam tayangan TikTok yang diunggah oleh akun @soyasoy__, terlihat kakek tersebut tengah bercakap dengan dua siswa dan berbicara dalam bahasa Inggris.

"What your major, jurusan apa," tutur kakek tersebut yang dikutip brilio.net dari laman TikTok @soyasoy__, Selasa (6/12).

 penjual buku jago bahasa Inggris & disebut mirip Habibie © berbagai sumber

foto: TikTok/@soyasoy__

Dalam tayangan video tersebut, terdapat dua siswa yang membeli juz amma dari sang kakek. Lantas, kakek tersebut menanyakan jurusan dua siswa tadi. Uniknya, sang kakek bertanya menggunakan bahasa Inggris.

"What your major, jurusan apa," tuturnya. Dua siswa yang baru saja membeli juz amma dari kakek tersebut pun menjawab bahwa mereka merupakan siswa SMA dengan jurusan IPS dan siswa SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Tak hanya itu, sang kakek pun hafal saat menyebutkan nama-nama manusia purba yang menjadi bagian dalam pelajaran siswa IPS. Di akhir video, kedua siswa mengucapkan terima kasih kepada kakek tersebut. Penjual buku tersebut kembali menjawab dalam bahasa Inggris.

"Hati-hati ya, take care, keep healthy," ucapnya.

Unggahan video tersebut pun menuai banyak pujian dari warganet. Banyak yang mengatakan bahwa kakek penjual buku tersebut pintar dan memiliki cara berbicara yang mirip dengan Presiden ke-3 Indonesia, Habibie.

"Logatnya kayak eyang Habibie," tulis @tagdhtag.

"Mirip sama eyang Habibie yaa," tutur @marthavira5.

"Gue pernah beli bukunya pas di mcd bandung lupa tempatnya di mana dan kakek ini pinter bgt bahasa Inggris," komentar @reyzaijp.

"Whaa kakeknya pinter banget," tulis @adammaulana9322.

@soyasoy__ #pintarbanget #kakek #bandunginfo #pagi suara asli - soyasoy__