Brilio.net - Pemilihan komposisi warna foto untuk media sosial diyakini membuat lebih banyak disukai bukan hanya dilihat saja. Studi yang dimuat jurnal Management Decision menunjukan orang menilai selama 90 detik saat melihat sosok atau produk, begitu juga saat scrolling foto di Instagram, 62-90 persen menilai berdasarkan warna.

Platform analisis visual dan pemasaran, Curalate, menganalisis 8 juta foto Instagram untuk mencari tahu warna apa yang mendapat banyak 'love'. Kebanyakan foto yang didominasi warna biru mendapat 'love' sebanyak 24 persen lebih banyak daripada yang banyak memuat warna merah seperti dikutip dari Reader’s Digest, Senin (3/7).

Sementara, foto dengan satu warna dominan mendapat 17 persen 'love' daripada foto yang memiliki lebih dari satu warna utama. Tetapi, foto yang masuk penelitian tersebut hanya berjumlah 10 persen memiliki satu warna dominan.

Profesor psikologi sosial dari Universitas Postdam, Danieal Niesta Kayser, melihat ada juga kemungkinan orang menyukai foto bernuansa biru di Instagram karena memang mereka penggemar warna tersebut. Warna biru sering dikaitkan dengan keterbukaan, menurut studi di Journal of Experimental Social Psychology. Foto dominan berwarna biru itu dapat berupa samudera yang tenang, langit luas maupun bunga.

"Merah memiliki efek yang bergantung pada konteks. Memberikan efek negatif atau positif, bergantung apakah warna itu dipasangkan atau dirasakan," kata Niesta Kayser.

Sementara, warna merah, identik dengan bahaya atau kesalahan. Misalnya, gaun berwarna merah menimbulkan kesan seksi, tapi, coretan merah di laporan bisa menimbulkan kecemasan.

Nah, sekarang sudah paham kan gimana caranya agar fotomu banyak mendapat 'love'?