Brilio.net - Indonesia sudah lama terjebak dengan stigma bahwa status cantik hanya boleh disandang wanita yang punya kulit putih, kurus, langsing, dan tinggi. Maka sebaliknya, orang-orang yang tidak punya ciri itu dia tersingkirkan dari standar cantik. Fenomena ini dikuatkan dengan hasil survei ZAP Beauty Index pada 2018, bahwa sebanyak 73,1 persen perempuan Indonesia menganggap cantik berarti memiliki kulit cerah dan glowing.

Stigma ini kemudian memunculkan ejekan yang kerap kali ditujukan pada mereka yang tak memiliki kulit putih. "Kamu jelek, soalnya kulitmu hitam" atau "coba aja kamu putih, pasti cantik" dan masih banyak contoh kalimat lain yang tanpa sadar melukai seseorang. Padahal setia wanita punya standar kecantikan masing-masing, yang belum tentu sama antara satu dengan yang lainnya.

Pengalaman tak menyenangkan karena punya kulit hitam juga dirasakan wanita bernama Olive Han. Remaja ini lahir dengan warna kulit khas Indonesia, yaitu sawo matang. Warna kulit yang gelap ini rupanya membuat Olive kerap diejek orang-orang sekitarnya. Namun setelah dia dirias MUA, Olive Han makin memesona dan stunning bak supermodel.

remaja kulit sawo matang bak model © TikTok

Potret remaja dirias MUA bak supermodel ini dulu pernah dibully karena kulitnya yang gelap
TikTok/@priya_lesmana

"korban bully karena memiliki kulit gelap," kata sang MUA, dikutip brilio.net dari @priya_lesmana, Kamis (9/3).