Brilio.net - Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Untuk itu banyak orang yang memanfaatkan momentum bulan ini untuk banyak berbuat kebaikan. Tentu saja kebaikan dalam berbagai hal bakal dihitung lebih mulia dibanding bulan-bulan lain.

Ternyata yang memanfaatkan momentum untuk berbuat baik tidak hanya umat muslim saja. Umat non muslim juga menunjukkan toleransinya kepada orang yang beribadah Ramadan. Mulai dari tidak makan minum di depannya, ikut berpuasa sampai menyiapkan takjil untuk orang yang berpuasa.

Seperti yang dilakukan dosen ini. Dosen bernama Rusli ini sedang menjadi sorotan warganet karena perlakuannya kepada mahasiswa yang berpuasa. Ia menghentikan kuliahnya bermaksud untuk memberi waktu kepada mahasiswanya yang muslim untuk berbuka. Nggak cuma itu, Rusli juga membagikan makanan dan minuman kepada seisi kelas.

perlakuan dosen kristen mahasiswa puasa © Facebook/ndi.tri.wahyudi
foto: Facebook/ndi.tri.wahyudi

Dikisahkan oleh akun Facebook Andi TriWahyudi, ia yang berkuliah di Universitas Kristen Maranatha, Bandung ini ada jadwal kuliah pukul 17.00-19.30. Dengan jadwal yang mepet dengan waktu maghrib, Andi yang berpuasa tentu membutuhkan waktu untuk berbuka.

"Saat jam berbuka puasa tiba, pak Rusli (dosen saya) yang notabenenya bukan muslim beliau tiba tiba memberhentikan kuliah, dan memberikan waktu kepada mahasiswanya yang muslim untuk berbuka, bukan hanya itu beliau pun menyiapkan dan memberikan minuman dan makanan untuk mahasiswa yang berpuasa. Dan saat ini, muslim dan tidak muslim kita sedang berbuka puasa bersama," ujar Andi.

Tapi tak disangka, Rusli yang saat itu mengajar kelasnya telah menyiapkan sesuatu. Ia yang notabene bukan penganut agama Islam memberhentikan sejenak kuliahnya saat waktu maghrib. Kemudian Rusli juga ternyata sudah menyiapkan makanan berupa kue dan minuman untuk mahasiswanya yang puasa maupun tidak.

"Saya di Kampus tergolong minoritas, tetapi teman teman dan dosen sayapun memberikan toleransi dan malah memberikan suatu kebaikan besar kepada saya. Indahnya perbedaan dan saling bertoleransi. Terimakasih Pak Rusli," sambung Andi.

Usai diunggah pada beberapa hari lalu, aksi toleransi dosen ini viral di media sosial. Hingga kini unggahan tersebut sudah dibagikan lebih dari 4.000 kali. Rusli pun banjir pujian dari warganet.

"Mantap itulah tanda orang yg paham akan arti kehidupan dg sesama manusia," kata akun Tachyan Heryanto.

"Indahnya toleransi dan kebersamaan..semoga menjadi suri tauladan bagi yang lain," ujar akun Mutiara Latief Huseng.

"ini Indonesia yang sesungguhnya," tulis akun Tyas.