Brilio.net - Perdagangan merupakan salah satu bentuk transaksi penjualan dan pembelian. Jika dilihat dalam cakupannya perdagangan dapat dilakukan dalam skala nasional maupun internasional.

Perdagangan internasional atau yang disebut dengan perdagangan luar negeri adalah hubungan perniagaan antara pihak yang berada di dua atau lebih negara yang berbeda. Secara garis besar dilakukan dalam bentuk ekspor dan impor.

Perdagangan menjadi salah satu aktivitas yang biasa dilakukan untuk menjual dan membeli barang dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Untuk memenuhi kebutuhan penduduknya, maka suatu negara dapat melakukan kerja sama perdagangan dengan negara lain.

Selain untuk tujuan tertentu, perdagangan internasional memberikan dampak atau manfaat yang baik juga bagi masing-masing negara. Sebab, negara dapat mempererat hubungan persahabatan antar negara, meningkatkan kemakmuran negara, dan sebagainya.

Lebih lanjut, berikut manfaat, faktor terjadinya perdagangan internasional, dan hambatan, dirangkum brilio.net dari berabagi sumber pada Rabu (15/6).