Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya setiap manusia terikat dengan aturan dan norma yang harus dipatuhi untuk menjaga ketentraman dan kedamaian bersama. Akan tetapi, aturan dan norma tersebut acap kali dilanggar dan banyak individu yang bertindak di luar norma sehingga menyebabkan kerugian pihak lain.

Fenomena ini sering terjadi di lingkungan masyarakat dan dianggap sebagai suatu perilaku menyimpang atau yang dikenal dengan penyimpangan sosial. Penyimpangan sosial adalah tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok yang tidak sesuai dengan norma sosial yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penyimpangan sosial adalah suatu tingkah laku, perbuatan, maupun tanggapan individu kepada kelompok atau lingkungan masyarakat yang bertentangan dengan norma dan juga hukum yang berlaku di lingkungan tersebut. Maka dari itu, penting sekali untuk memahami penyimpangan sosial supaya masing-masing individu dapat mencegah dan terhindar dari perilaku yang tidak sesuai tersebut.

Lebih lanjut, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (25/5), ketahui pengertian, sifat, dan jenisnya dari penyimpangan sosial.