Brilio.net - Jadi anak muda di Indonesia itu penuh godaan. Kiri dan kanan, kamu diserbu dengan berbagai diskon dan promo menarik yang kayaknya sayang banget dilewatkan. Menyisihkan uang untuk menabung atau membantu orang lain rasanya bisa ditunda dulu, deh.

Lain ceritanya dengan penyapu jalanan di China ini. Pria berusia 58 tahun ini terkenal karena menyumbangkan gajinya selama 30 tahun ke anak-anak yang kurang beruntung.

Dilansir Brilio.net dari odditycentral, Jumat (19/4) pria bernama Zhao dari Provinsi Liaoning ini mendonasikan 180.000 yuan atau sebesar Rp 377 juta.

Angka ini termasuk fantastis karena gajinya sendiri hanya 2.000 yuan per bulan atau Rp 4 juta. Gaji tersebut terbilang sangat kecil untuk bisa hidup dengan nyaman di daerah tersebut. Walaupun seperti itu, Zhao bisa hidup hemat bersama keluarganya.

Yang lebih menarik lagi, Zhao sudah lebih dari 30 tahun tidak membeli baju baru. Satu-satunya koleksi berharga hanyalah bukti donasi selama tiga dekade tersebut.

Zhao penyapu jalanan © 2019 brilio.net

foto: Odditycentral.com

Semangatnya membantu orang lain ini berawal dari masa kecil Zhao. Ayah pria dermawan ini sudah meninggal sejak kecil. Ibunya juga menderita penyakit mental yang susah disembuhkan. Masa kecil yang keras dan penuh perjuangan membuat Zhao ingin membantu anak-anak lain agar bisa keluar dari garis kemiskinan.

Istrinya sering mengeluh dengan banyaknya donasi Zhao. Rumah mereka bahkan harus dijual demi menghidupi keluarganya. Sekarang, mereka hidup di rumah kontrakan. Untuk menjawab keluhan istrinya, Zhao mengajaknya ke tempat tinggal anak-anak tak beruntung tersebut.

Zhao penyapu jalanan © 2019 brilio.net

foto: Odditycentral.com

Melihat kondisi buruk tempat tinggal dan kehidupan anak-anak tersebut, istri Zhao akhirnya sadar tentang perjuangan sang suami. Sekarang, istrinya tak pernah mengeluh lagi tentang kondisi keuangan keluarganya.

"Saya dulu pernah menjadi anak-anak kurang beruntung tersebut. Saya pernah tak bisa makan dan merasa tidak bisa apa-apa. Oleh karena itu, saya ingin mengubah nasib mereka semua," ujar Zhao.

Zhao penyapu jalanan © 2019 brilio.net

foto: Odditycentral.com

Kebaikan Zhao akhirnya membuahkan hasil. Desember 2018 lalu, Zhao harus dirawat di rumah sakit karena penyakit serius. Mendengar kabar ini, anak-anak kurang beruntung yang sudah sukses turut membantu pengobatannya.

Zhao sampai sekarang masih berprofesi sebagai penyapu jalanan di China. Semangatnya tak pernah padam walaupun usianya sudah mencapai kepala enam. Dia tetap mendonasikan gajinya untuk anak-anak yang kurang beruntung.