Brilio.net - Pandemi Covid-19 menutut kita untuk menjalani gaya hidup sehat. Tak heran bila saat ini, masyarakat sudah mulai aktif berolahraga agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Meski saat ini masyarakat dianjurkan untuk di rumah saja, namun olahraga tetap bisa dilakukan. Misalnya berjalan santai di area kompleks atau melakukan olahraga ringan seperti stretching, yoga, atau zumba yang bisa dilakukan secara daring.

Selama olahraga, tubuh mengeluarkan banyak cairan lewat keringat sehingga tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang benar. Mulai dari banyak mengonsumsi air putih, makan sayur dan buah, serta mengonsumsi energy gel saat olahraga.

Banyak orang yang belum paham mengenai pentingnya mengonsumsi energy gel. Sport Nutritionist Strive, Emilia Achmadi mengatakan pentingnya mengonsumsi energy gel untuk mendukung performa olahraga secara khusus sehingga memiliki komposisi dan anjuran waktu konsumsi yang khusus.

“Sport Nutritions ini bagaikan bagaikan bahan bakar mobil balap. Mobil balap tentu memerlukan jenis bahan bakar yang berbeda dari mobil biasa. Bahan bakar yang tidak tepat tidak bisa mendukung performa optimal, bahkan bisa merusak komponen mobil,” ujar Emilia dalam acara konfrensi pers Strive Energy Gel, Kamis (8/7).

Emilia menambahkan salah satu dampak saat kita tidak mengonsumsi energy gel saat olahraga adalah kondisi tubuh akan merasa lelah dan lemas akibat kekurangan karbohidrat di dalam tubuh sebagai asupan bahan bakar saat olahraga.

"Sayang kan kalau kita jadi mogok olahraga padagal lagi semangat-semangatnya. Kalau pun dipaksakan tubuh akan mengalami cedera pada otot," ucapnya.

Founder Strive, Edo Bawono mengatakan energy gel sendiri memiliki kandungan ekstrak jahe sehingga aman dikonsumsi saat perut kosong, juga mengandung unsur Vitamin B Complex (Vit B1, B6) yang mempercepat proses pembentukan energi secara konsisten. Ada pula kandungan asam amino sehingga tubuh tidak mengambil cadangan asam amino dari otot.

"Ada juga kandungan ekstram kurma sebagai sumber carbo dan gula alami untuk energi yang tahan lama, Guarana yang merupakan kafein alami, serta aman bagi jantung, dan perpaduan elektrolit untuk mencegah keram otot," jelas Edo.

Untuk mengonsumsi energy bar sebaiknya 15 sampai 30 menit sebelum olahraga. Hal ini bertujuan untuk memastikan stamina tidak menurun. Sebaiknya, tetap jaga hidrasi tubuh dengan minum secukupnya.