Brilio.net - Ulasan adalah istilah yang digunakan untuk menilai baik tidaknya sebuah buku atau jenis karya lain. Hal yang dinilai dalam ulasan biasanya kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Dalam bahasa Inggris, teks ulasan disebut dengan review text. Teks ulasan dapat berupa pendapat atau pandangan penulis terhadap segala aspek yang terkandung di dalam karya dan kemudian dipublikasikan.

Teks ulasan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu karya yang ditulis dan dibahas kepada pembaca, sehingga pembaca tertarik untuk membeli atau mencoba karya atau produk tersebut. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teks ulasan, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (11/8).

Pengertian teks ulasan.

 teks ulasan dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Daniel Thomas

Menurut Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), teks ulasan adalah suatu teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Teks ulasan bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik sehingga tidak hanya mengandalkan pengetahuan teori, tetapi peserta didik juga dapat mengasah proses berpikir kreatif dan menghasilkan teks ulasan yang baik. Menurut ahli Kosasih, teks ulasan adalah teks yang di dalamnya terdapat sejumlah tafsiran, komentar, atau kupasan mengenai suatu objek tertentu. Ulasan bisa berbentuk lisan atau tulisan. Ulasan dalam bentuk tulisan umumnya berwujud sebagai resensi.

Pendapat lain menyebutkan, teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan atas suatu karya baik berupa drama, film, buku, dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan, serta kekurangan yang dimiliki oleh karya tersebut. Teks ulasan ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai. Teks ulasan bertujuan untuk menyampaikan ulasan dengan etika yang sopan, santun, dan tepat waktu. Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan, menulis teks ulasan adalah kegiatan menghasilkan suatu tulisan yang bertujuan untuk mengulas, menimbang, dan menilai sebuah karya.