Brilio.net - Editorial adalah salah satu bentuk opini yang lazim ditemukan dalam surat kabar, tabloid, atau majalah. Editorial adalah kolom khusus dalam surat kabar yang berisikan tanggapan redaksi dari media yang bersangkutan terhadap suatu peristiwa aktual. Teks editorial dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai artikel dalam surat kabar atau majalah yang mengungkapkan pendirian editor atau pimpinan surat kabar majalah tersebut mengenai pokok masalah atau disebut juga sebagai tajuk rencana.

Teks editorial memiliki fungsi untuk menjelaskan berita dan akibatnya kepada masyarakat, mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang terjadi, mengisi latar belakang dari isu dengan kenyataan sosial dan faktor yang memengaruhinya, serta meneruskan penilaian moral tentang isu tersebut.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai teks editorial, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (13/9).

Pengertian teks editorial.

teks editorial © berbagai sumber

foto: Unsplash/Yang Xia

Editorial merupakan salah satu rubrik yang ada di media massa cetak seperti koran, majalah, atau buletin. Editorial biasanya menjadi sebuah cara untuk merespons suatu isu atau permasalahan dan memberikan tawaran solusi di bagian akhir teks. Sedangkan teks editorial adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran yang merupakan pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa aktual, fenomenal, dan kontroversial. Teks editorial disebut juga sebagai tajuk rencana. Teks editorial diasumsikan sebagai institusi media massa terhadap peristiwa yang dibahas. Pendapat lain menyebutkan bahwa teks editorial adalah cara yang dilakukan oleh seseorang dalam menyajikan fakta dan opini untuk menafsirkan berita penting yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat umum berdasarkan sudut pandang suatu media. Opini dalam teks editorial dapat berupa kritik, penilaian, prediksi, harapan, dan saran.