Brilio.net - Teknologi adalah semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat berupa konsep, pembatasan cara, atau perwujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang. Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang, benda, atau alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan. 

Bahkan, kini teknologi tidak hanya berperan sebagai penciptaan barang, tetapi telah menjadi sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dunia. Teknologi tidak sekadar sebagai suatu hasil dari daya cipta manusia, tetapi juga dapat membentuk dan menciptakan suatu komunitas bagi manusia. Penjelasan yang lebih rinci mengenai teknologi telah dirangkum oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (10/9).

Pengertian teknologi

pengertian dan jenis alat teknologi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Domenico Loia

Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu techne yang berarti keahlian dan logia yang berarti pengetahuan. Dalam pengertian sempit, teknologi mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras. Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem, organisasi, dan teknik. Seiring dengan perkembangan zaman, pengertian teknologi juga semakin meluas dan saat ini dipahami sebagai sebuah konsep yang berkiatan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan mengenai alat dan keahlian. 

Selain itu, teknologi juga digambarkan sebagai sebuah upaya untuk memberikan pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan atau mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya. Jadi, teknologi adalah sebuah perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia.

Terdapat beberapa pengertian mengenai teknologi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Jacques Ellul, teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisien dalam setiap kegiatan manusia.

2. Gary J Anglin berpendapat bahwa teknologi merupakan penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem untuk memecahkan masalah.

3. Menurut Vaza, teknologi adalah sebuah proses yang dilaksanakan dalam upaya mewujudkan sesuatu secara rasional.

4. Roger mengemukakan bahwa teknologi adalah suatu rancangan atau desain untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dengan hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan.

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan suatu rancangan atau desain melalui proses atau tahapan yang memiliki nilai tambah untuk menghasilkan suatu produk dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Teknologi dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang ditransformasikan ke dalam produk, proses, jasa, dan struktur praktis.