Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu atau menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.

Pendapat lain menyebutkan, slogan merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan. Slogan biasanya ditulis dengan kalimat yang pendek dan menarik untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip.

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai definisi, ciri, tujuan, dan jenis-jenis slogan, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Minggu (14/8).

Pengertian slogan.

definisi, ciri, dan tujuan slogan © berbagai sumber

foto: Unsplash/Markus Spiske

Slogan adalah kalimat pendek yang mudah diingat dan dapat membangkitkan daya pikat serta semangat untuk mengajak khalayak melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan. Slogan juga merupakan faktor penting bagi para pelaku bisnis atau usaha karena dapat menentukan bagus tidaknya hasil produk yang akan ditawarkan.

Penyusunan slogan harus terlihat unik, menarik, dan sesuai dengan visi dan misi yang ingin disampaikan oleh suatu produk serta memenuhi etika dalam pembuatan iklan. Posisi slogan dalam tata letak surat iklan berada di dekat atau di bawah dari nama produk yang ditawarkan.

Secara umum, media cetak menempatkan slogan di bawah nama medianya. Slogan biasanya dibuat singkat tetapi tidak semua pembaca mampu menangkap maksud dari slogan tersebut.

Terdapat beberapa ahli yang turut mengemukakan definisi mengenai slogan di antaranya:

1. Menurut Moeliono, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan suatu maksud dan tujuan media.

2. J S Bedudu mengungkapkan bahwa slogan adalah kata atau kalimat pendek yang mempunyai arti dan bunyi yang menarik agar mudah diingat-ingat.

3. Alwi berpendapat bahwa slogan merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan. Slogan biasanya ditulis dengan kalimat pendek yang menarik, singkat, mudah diingat, dan persuasi yang memiliki tujuan untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip.

4. Kosasih mendefinisikan slogan sebagai perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan, prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan juga sering disebut sebagai semboyan dan mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

5. Pardjimin mengatakan bahwa slogan dapat berupa kelompok kata atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk memberitahukan tujuan atau visi suatu organisasi, kegiatan, golongan, organisasi, atau perusahaan.