Brilio.net - Seni tari merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang harus dikembangkan dan dilestarikan selaras dengan masyarakat yang selalu mengalami perubahan. Seni tari adalah seni yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu menggunakan gerakan tubuh secara berirama untuk keperluan mengungkapkan maksud, pikiran, dan perasaan manusia yang mendorongnya untuk mencari ungkapan berupa gerak ritmis.

Pendapat lain mengatakan, seni tari merupakan gerak seluruh tubuh atau sebagian tubuh melalui gerak ritmis yang terdiri dari pola kelompok atau individual dan disertai ekspresi maupun ide-ide tertentu.

Untuk memahami lebih rinci mengenai seni tari, berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (16/9).

Pengertian seni tari.

 unsur dan jenis seni tari © berbagai sumber

foto: Unsplash/Ainun Jamila

Seni tari merupakan bagian dari seni yang merupakan kebudayaan manusia. Unsur seni tari adalah gerak tubuh sebagai media untuk mengungkapkan perasaan bahagia, sedih, gembira, marah, dan lain sebagainya.

Adapun pengertian seni tari yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Pangeran Soeryodiningrat, seni tari adalah gerak seluruh tubuh yang disertai bunyian yang diatur menurut irama, ekspresi wajah, serta diserasikan dengan isi dan makna tariannya.

2. Corrie Harting mengatakan bahwa tari adalah gerak ritmis dari tubuh sebagai media di dalam ruang.

3. Menurut Soedarsono, tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan dalam bentuk gerak ritmis yang indah.

4. Menurut Aristoteles, tari merupakan gerakan ritmis yang tujuannya untuk memberikan gambaran karakter dan kehidupan manusia sebagaimana mereka berperilaku atau menderita.

Berdasarkan beberapa pengertian dari para ahli dapat disimpulkan, seni tari adalah suatu bentuk ekspresi jiwa manusia yang dikeluarkan melalui gerakan ritmis baik sebagian atau seluruh tubuh serta terdiri dari pola individu atau kelompok sesuai dengan ide atau konsep yang diciptakan.

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR