Brilio.net - SDM (Sumber Daya Manusia) yang sangat identik kaitannya dengan suatu organisasi, baik itu perusahaan maupun institusi, karena SDM merupakan salah satu faktor yang penting di dalamnya.

Dalam menentukan perkembangan atau kemajuan suatu perusahaan SDM adalah kunci utamanya. Sumber Daya Manusia artinya manusia/seseorang yang bekerja menjadi penggerak, memberi pemikiran/inspirasi atau suatu perencanaan yang secara teoritis dan prakteknya mencapai hasil atau tujuan. Jika SDM yang dimiliki seseorang dengan kemampuan atau kualitas yang baik maka perusahaan tersebut akan maju.

Saat ini, seorang karyawan telah dianggap sebagai suatu aset penting bagi perusahaan, bukan lagi hanya dianggap sebagai sumber daya saja. Karena alasan itu, ada banyak istilah yang bermunculan selain Human Resources (H.R) yakni, Human Capital (H.C). Dalam istilah tersebut SDM diartikan sebagai aset yang bernilai tinggi, dapat dilipatgandakan dikembangkan, serta bukan lagi sebagai liability (cost, beban) atau sumber aset utama.

Dirangkum brilio.net dari berbabgai sumber, Senin (18/04) berikut penjelasan mengenai SDM menurut ahli dan fungsinya.

Pengertian SDM menurut para ahli

1. M.T.E. Hariandja (2002)
Pendapat M.T.E. Hariandja mengenai Sumber Daya Manusia adalah selain modal, salah satu faktor lain yang sangat penting dalam suatu organisasi (institusi atau perusahaan) adalah sumber daya manusia. Makanya sumber daya manusia harus dilatih, dikelola dan dikembangkan dengan baik agar efisiensi dan juga efektivitas suatu organisasi meningkat.