Brilio.net - Dalam praktiknya, istilah relasi digunakan di dalam berbagai bidang, salah satunya dalam ilmu matematika. Dalam cabang ilmu matematika, relasi merupakan hubungan antara himpunan dari pasangan terurut. Himpunan, relasi, dan fungsi adalah tiga topik dalam pembelajaran matematika yang saling berkaitan satu sama lain. 

Relasi juga dapat dipahami sebagai perhitungan yang dapat menentukan antara dua himpunan yang diberikan. Konsep relasi merujuk pada asosiasi dua variabel yang ditentukan berdasarkan beberapa properti yang dimiliki. 

Fungsi dan relasi juga menjadi topik penting dalam pembelajaran aljabar. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai relasi dalam ilmu matematika, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (1/9).

Pengertian relasi

pengertian dan sifat relasi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Thomas T

Relasi adalah hubungan antara anggota suatu himpunan dengan anggota himpunan yang lain. Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah menghubungkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B. Himpunan juga dapat diartikan sebagai hubungan antara elemen himpunan dengan elemen yang lain. Cara menyatakan relasi dapat dilakukan dengan membuat diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan. Di antara ketiga cara menyatakan relasi, cara yang paling mudah untuk menyatakan hubungan antara elemen dua himpunan adalah dengan himpunan pasangan terurut. Himpunan pasangan terurut diperoleh dari perkalian kartesian. 

Relasi juga berperan dalam basis data seperti relasi n-ary. Relasi n-ary adalah relasi yang menghubungkan lebih dari dua himpunan. Relasi n-ary memiliki peranan penting dalam basis data. Pada basis data relasional, satu tabel menyatakan suatu relasi. Setiap kolom pada tabel disebut atribut dan setiap tabel pada basis data diimplementasikan secara fisik sebagai sebuah file.