Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Umumnya, pidato ditujukan kepada orang atau sekumpulan orang untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, dan untuk memperingati hari-hari besar.

Pidato juga dapat dipahami sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengapresiasikan, menyatakan, atau menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan.

Berpidato juga merupakan suatu kegiatan menyampaikan gagasan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasaan seperti ekspresi wajah yang dapat mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak dalam suatu acara tertentu.

Untuk mempelajari lebih rinci mengenai pidato, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (1/9).

Pengertian pidato

pengertian, tujuan, dan struktur pidato © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah komunikasi dalam bentuk pidato. Pidato adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan maksud di depan khalayak ramai.

Komunikasi dalam berpidato lebih bersifat satu arah. Artinya hanya didominasi oleh satu orang saja yaitu pembicara. Pidato akan baik disampaikan dan dituliskan jika menggunakan struktur yang sistematis sesuai dengan ketentuan.

Kesistematisan itu merupakan salah satu bentuk keindahan dari pidato. Terdapat beberapa pengertian pidato menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Indriani, pidato adalah berbicara di hadapan banyak orang dalam rangka menyampaikan suatu masalah untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Supriyatmoko mengatakan bahwa pidato adalah seni penyampaian percakapan yang didukung dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Tujuan pidato

pengertian, tujuan, dan struktur pidato © berbagai sumber

foto: Unsplash/Teemu Paananen

Secara umum terdapat empat tujuan utama dalam pidato yaitu sebagai berikut:

1. Menyampaikan informasi

Pidato bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau sesuatu yang menarik untuk pendengar.

2. Meyakinkan dan memengaruhi sikap pendengar

Pidato berisi materi yang berusaha untuk mendorong, meyakinkan, dan mengajak pendengar untuk melakukan suatu hal.

3. Menghibur pendengar

Pidato bertujuan sebagai wadah untuk menghibur atau menyenangkan pendengar.

4. Menekankan aspek pendidikan

Pidato bertujuan untuk menekankan pada aspek-aspek pendidikan seperti pada pidato keagamaan.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR