Brilio.net - Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif seperti transkripsi, wawancara, catatan lapangan, gambar, foto, rekaman video, dan lain-lain. Metode penelitian kualitatif disebut juga sebagai metode artistik.

Alasan, penelitian kualitatif disebut juga sebagai metode artistik disebut proses penelitian lebih bersifat seni dan disebut sebagai metode interpretif karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditentukan di lapangan. Pada penelitian kualitatif, peneliti menjadi instrumen utama sehingga dapat menggali masalah yang ada dalam masyarakat.

Penelitian kualitatif menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap dan pandangan yang terjadi di dalam masyarakat, perbedaan antar fakta, dan lain-lain. Masalah yang diteliti dan diselidiki oleh penelitian kualitatif mengacu pada studi kuantitatif, studi komparatif, serta dapat juga menjadi sebuah studi korelasional.

Nah untuk memahami lebih rinci ulasan mengenai penelitian kualitatif, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (7/9).