Brilio.net - Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat tetap hidup dan berkembang sehingga mampu bersaing. Oleh karena itu, setiap perusahaan selalu menetapkan dan menerapkan strategi serta cara pelaksanaan kegiatan pemasarannya. Kegiatan pemasaran dilakukan untuk dapat mencapai sasaran perusahaan dalam jangka panjang.

Pemasaran juga merupakan sebuah faktor penting dalam suatu siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen sehingga pada hakikatnya berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan bisnis atau usaha tergantung pada bagaimana tanggapan kepada para konsumen. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai pemasaran, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (1/9).

Pengertian pemasaran

Pengertian, tujuan, dan fungsi pemasaran © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk serta nilai dengan orang lain.

Pemasaran juga menjadi hal yang mendasar sehingga berperan penting bagi kelancaran keseluruhan bisnis. Dalam pengertian lain, pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik perusahaan barang atau jasa sebagai upaya untuk mempertahankan kelangsungan usahanya.

Terdapat beberapa pengertian pemasaran menurut ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut William J. Staton, pemasaran adalah sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik untuk konsumen saat ini maupun konsumen potensial.

2. Kotler mengatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya terdapat individu dan kelompok untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

3. Menurut American Marketing Association, pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai konsumen.

4. Tjahjaningsih mengemukakan bahwa pemasaran adalah proses kemasyarakatan di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui proses penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk dan jasa.

Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran merupakan adanya keinginan dan kebutuhan manusia yang harus dipuaskan oleh kegiatan manusia lain yang menyediakan alat pemuas kebutuhan tersebut.