Brilio.net - Pasar modal adalah tempat bertemunya antara permintaan dan penawaran atas instrumen keuangan jangka panjang yang umumnya lebih dari satu tahun. Pasar modal berperan sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan atau institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen keuangan jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya.

Dalam arti sempit, pasar modal adalah suatu pasar yang dipersiapkan untuk memperdagangkan saham-saham, obligasi, right issue, dan sejenis surat berharga lainnya dengan menggunakan jasa perantara pedagang efek. Pasar modal berperan terhadap perekonomian sebagai fasilitas antara pembeli dan penjual untuk menentukan harga saham atau surat berharga yang diperjualbelikan.

Dengan adanya pasar modal, diharapkan aktivitas perekonomian menjadi meningkat karena pasar modal menjadi alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan skala lebih besar dan akan meningkatkan pendapatan perusahaan dan kesejahteraan masyarakat luas.

Nah untuk menggali informasi lebih rinci mengenai pasar modal, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (30/8).