Brilio.net - Masyarakat dalam bahasa Inggris disebut sebagai society yang berasal dari kata sociuc yang berarti kawan. Masyarakat adalah sekelompok manusia yang terjalin erat karena sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi, dan hukum tertentu yang mengarah pada kehidupan kolektif. Sistem dalam masyarakat saling berhubungan antara satu manusia dengan manusia lainnya yang membentuk suatu kesatuan.

Masyarakat berfungsi sebagai khalifah di muka bumi. Kepribadian masyarakat terbentuk melalui penggabungan individu-individu dari aksi reaksi budaya. Istilah masyarakat mencakup masyarakat sederhana yang buta huruf sampai pada masyarakat industrial modern yang merupakan suatu negara. Istilah masyarakat juga digunakan untuk menggambarkan kelompok manusia yang besar sampai pada kelompok kecil yang terorganisasi.

Nah, untuk mempelajari lebih rinci mengenai masyarakat, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (20/9).

Pengertian masyarakat.

ciri dan unsur masyarakat © berbagai sumber

foto: Unsplash/mostafa meraji

Masyarakat merupakan manusia yang senantiasa berhubungan dengan manusia lain dalam suatu kelompok. Kehidupan masyarakat yang selalu berubah merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Para ilmuwan di bidang sosial sepakat tidak ada definisi tunggal mengenai masyarakat karena sifat manusia selalu berubah dari waktu ke waktu. Pada akhirnya, beberapa ilmuwan memberikan definisi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Berikut ini beberapa definisi masyarakat menurut pakar sosiologi yaitu:

1. Selo Soemardjan mengartikan masyarakat sebagai orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
2. Max Weber mendefinisikan masyarakat sebagai struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nilai yang dominan pada warganya.
3. Emile Durkheim mendefinisikan masyarakat sebagai kenyataan objektif individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya.
4. Mac Iver dan Page mendefinisikan masyarakat merupakan jalinan hubungan sosial dan selalu berubah.
5. Koentjaningrat mengemukakan masyarakat adalah kesatuan hidup makhluk-makhluk manusia yang terikat oleh suatu sistem adat istiadat tertentu.
6. M.J. Herskovits menyatakan bahwa masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan yang mengikuti satu cara hidup tertentu.
7. Karl Marx mendefinisikan masyarakat sebagai suatu struktur yang mengalami ketegangan organisasi ataupun perkembangan karena adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terpecah secara ekonomis.

Berdasarkan pengertian menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa masyarakat adalah satu kesatuan manusia yang hidup dalam suatu tempat dan saling bergaul antara satu dengan yang lain sehingga memunculkan suatu aturan baik secara tertulis maupun tidak tertulis dan membentuk suatu kebudayaan.