Brilio.net - Malaikat adalah makhluk halus yang tidak bisa ditangkap pancaindera. Malaikat juga termasuk makhluk dari luar alam yang riil atau tidak dapat dilihat. Tidak ada yang mengetahui hakikatnya kecuali Allah. 

Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan tanpa adanya nafsu, tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan lain-lain, dan tidak memiliki sifat sombong. Malaikat tidak pernah membangkang perintah Allah. Apa pun yang diperintahkan oleh Allah langsung dilaksanakan oleh malaikat. Malaikat juga memiliki kemampuan untuk menyerupai manusia dan lainnya, seperti bentuk-bentuk yang dapat dilihat oleh manusia. Untuk memahami lebih rinci mengenai malaikat, berikut ulasannya dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (15/9).

Pengertian malaikat

sifat dan tugas malaikat © berbagai sumber

foto: Unsplash/Duncan Sanchez

Menurut bahasa Arab, kata malaikat merupakan kata jamak dari kata malak yang berarti kekuatan. Adapun secara maknawi, malaikat adalah salah satu makhluk Allah SWT yang diciptakan untuk senantiasa taat kepada-Nya sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Al-Anbiyaa, "Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembahNya dan tiada merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya." 

Malaikat merupakan makhluk yang bersifat ghaib tetapi keberadaannya dapat diyakini dengan qalbu. Pada hadits lain diungkapkan bahwa perwujudan malaikat kadang menampakkan diri sebagai seorang laki-laki. Sementara bentuk sesungguhnya hanya digambarkan dengan sebutan "menutup ufuk langit".

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki kesamaan dengan manusia yaitu untuk beribadah kepada Allah. Malaikat sendiri harus diyakini keberadaannya karena yakin dengan adanya malaikat termasuk rukun iman yang kedua. Malaikat diciptakan oleh Allah dari nur atau cahaya. Malaikat memiliki tugas yang telah diberikan oleh Allah.