Brilio.net - Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber yang diakses melalui perangkat komputer. Pendapat lain menyebutkan bahwa literasi digital adalah kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan dan mengomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Literasi digital dapat membantu seseorang dalam berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi dengan lancar. Selain itu, literasi digital juga dapat memberikan kesempatan kepada seseorang untuk berkolaborasi dengan banyak orang. Untuk penjelasan yang lebih rinci mengenai literasi digital, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (13/7).

Pengertian literasi digital.

 pengertian dan kompetensi literasi digital © berbagai sumber

foto: Unsplash/Marvin Meyer

Kata literasi berasal dari bahasa Inggris yaitu "literacy" yang memiliki arti kemampuan baca tulis. Menurut UNESCO, literasi adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, berkomunikasi, menghitung, dan menggunakan bahan cetak dan tulisan yang terkait dengan berbagai konteks. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, dan kemampuan individu dalam mengolah informasi, sedangkan digital merupakan sesuatu yang berhubungan dengan angka-angka dalam sistem penomoran tertentu sehingga literasi digital adalah kemampuan dalam membaca, menulis, dan mengolah informasi dalam sistem penomoran tertentu.

Definisi literasi digital menurut para ahli:

1. Menurut Paul Gilster, literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi dan informasi dari piranti digital secara efektif dan efisien dalam berbagai konteks seperti akademik, karier, dan kehidupan sehari-hari.

2. Menurut Bawden, literasi digital berasal dari literasi komputer dan literasi informasi sehingga berkaitan dengan kemampuan mengakses, memahami, dan memperluas informasi.

3. Haque mengemukakan bahwa literasi digital adalah keahlian mengkaryakan dan berbagai dalam peluang yang sering muncul dan berbeda, menggabungkan, mengomunikasikan apa yang dimengerti mengenai cara mengakses teknologi informasi untuk pencapaian suatu tujuan.

Berdasarkan definisi dari para ahli dapat disimpulkan bahwa literasi digital adalah keterampilan membaca, menulis, dan mengakses teknologi untuk mendapatkan informasi.