Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komersial adalah yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan atau dimaksudkan untuk diperdagangkan. Komersial dapat diartikan sebagai sesuatu yang memiliki nilai niaga atau jual-beli yang tinggi. 

Istilah komersial kerap digunakan di dalam berbagai konteks, dari bidang industri hingga seni. Dalam konteks seni, komersial digunakan untuk menggambarkan karya seni yang tujuan utamanya adalah untuk diperjualbelikan.

Secara singkat, komersial adalah sesuatu yang ditujukan untuk niaga atau perdagangan dan mendatangkan keuntungan untuk pencipta karya atau produk. Untuk lebih rincinya, berikut brilio.net telah merangkum penjabaran mengenai komersial dari berbagai sumber pada Selasa (12/7).

Pengertian komersial.

pengertian dan jenis-jenis komersial © berbagai sumber

foto: Unsplash/Sharon McCutcheo

Komersial adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan kegiatan jual beli meliputi barang maupun jasa. Secara umum, komersial adalah sesuatu yang berhubungan dengan perniagaan atau perdagangan dan terkadang mengorbankan nilai-nilai sosial dan budaya. 

Komersial juga dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang memiliki nilai ekonomis atau memiliki nilai lebih sehingga para pencipta produk atau jasa bisa mendapatkan keuntungan. Pendapat lain menyebutkan bahwa komersial adalah kegiatan perniagaan, pembelian atau penjualan barang atau jasa khususnya secara besar-besaran baik secara nasional maupun internasional.

Kegiatan komersial berorientasi pada perolehan keuntungan materi atau finansial. Kegiatan komersial didasari oleh prinsip ekonomi, yaitu pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Salah satu wujud kegiatan komersial adalah renovasi sebuah rumah untuk dijadikan usaha rumah kos sehingga sang pemilik lahan bisa mendapatkan keuntungan dari uang sewa.