Brilio.net - Ketahanan nasional hakikatnya adalah kondisi suatu bangsa yang menggambarkan kemampuan mengatasi segala jenis ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan. Faktor penguat ketahanan nasional suatu bangsa adalah ideologi, politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan keamanan. Konsepsi ketahanan nasional pertama kalinya dimasukkan ke dalam GBHN 1973 melalui ketetapan MPR No. IV/MPR/1973.

Ketahanan nasional merupakan devariasi dari pembangunan nasional dan keduanya memiliki hubungan yang bersifat simbiosis mutualistis. Keberhasilan pembangunan nasional dapat meningkatkan ketahanan nasional dan sebaliknya ketahanan nasional dapat mendorong laju pembangunan nasional. Hakikat ketahanan nasional adalah keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk dapat menjamin kelangsungan hidup dan tujuan negara. Penjelasan lengkap mengenai ketahanan nasional telah dirangkum oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (29/8).

Pengertian ketahanan nasional

Pengertian, sifat, dan asas ketahanan nasional © berbagai sumber

foto: Unsplash/Diego González

Istilah ketahanan nasional pertama kali diperkenalkan oleh Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) pada sekitar tahun 1960-an. Sejak saat itu pula banyak terjadi perkembangan dan dinamika mengenai konsepsi ketahanan nasional. Secara umum, ketahanan nasional merupakan kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi kedaulatan dan ketangguhan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam baik secara langsung dan tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas, serta kelangsungan hidup bangsa.

Terdapat beberapa definisi ketahanan nasional menurut para ahli, di antaranya sebagai berikut:

1. Menurut Suryohadiprojo, ketahanan nasional meliputi keamanan nasional dan kesejahteraan nasional. Hal ini berarti ketahanan nasional sejalan dengan kepentingan nasional.
2. Menurut Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia, ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan kita dalam menghadapi segala kekuatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia.
3. Menurut Wan Usman, ketahanan nasional adalah aspek dinamis suatu bangsa meliputi semua aspek kehidupan untuk tetap jaya di tengah keteraturan dan perubahan yang selalu ada.
4. Soewarso Hardjosoedarmo mengungkapkan bahwa ketahanan nasional adalah kondisi totalitas aspek-aspek kehidupan bangsa berdasarkan wawasan nasional guna mewujudkan daya kebal, daya tangkal, dan daya gempur untuk dapat mengadakan interaksi dengan lingkungan sehingga dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan kehidupan bangsa.
5. RM. Sunardi mengatakan bahwa ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa meliputi seluruh aspek kehidupan nasional yang terintegrasi dan mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala tantangan, ancaman, dan hambatan.