Brilio.net - Istilah kebugaran jasmani sering dikaitkan dengan aktivitas fisik. Kebugaran jasmani dapat diartikan sebagai kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan, tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan. Olahraga fisik ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kebugaran jasmani juga terdiri dari beberapa unsur yang berkaitan dengan kesehatan maupun keterampilan.

Kebugaran jasmani bersifat relatif baik secara anatomis maupun fisiologis, artinya fit atau tidaknya seseorang selalu dalam hubungan dengan tugas fisik yang dilaksanakan. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai kebugaran jasmani, brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (30/6).

Pengertian kebugaran jasmani

 kebugaran jasmani dan manfaatnya © berbagai sumber foto: Unsplash/Gabin Vallet

Istilah kebugaran jasmani banyak digunakan di kalangan pakar olahraga, sehingga istilah tersebut menjadi pembahasan yang menarik. Secara tidak sadar, kebugaran jasmani menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia.

Kebugaran jasmani adalah kondisi jasmani yang berkaitan dengan pekerjaan secara optimal dan efisien. Kebugaran jasmani juga dapat diartikan sebagai keadaan atau kemampuan jasmani yang dapat menyesuaikan fungsi alat tubuhnya terhadap tugas jasmani tertentu atau terhadap keadaan lingkungan yang harus diatasi dengan cara efisien tanpa kelelahan berlebihan.

Pendapat lain menyebutkan bahwa kebugaran jasmani merupakan ekspresi kuantitatif dari kondisi fisik seseorang. Kebugaran jasmani dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas khas yang memerlukan kerja muscular dimana kecepatan dan ketahanan merupakan kriteria utama. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang baik akan mampu memenuhi kebutuhan fisik tertentu.

(brl/ola)

RECOMMENDED BY EDITOR