Brilio.net - Hubungan Internasional adalah sebuah kajian Ilmu Politik yang menganalisis mengenai tindakan dan kebijakan dari aktor negara dan non negara (individu, kelompok, organisasi, dan perusahaan multinasional) dalam area lingkungan internasional untuk menyampaikan kepentingannya masing-masing.

Hubungan Internasional meliputi semua interaksi yang melibatkan fenomena nasional yang melintasi batas teritorial dan sosial suatu negara. Keanekaragaman bangsa dan negara dalam praktik Hubungan Internasional menjadi sesuatu yang rumit.

Interaksi tersebut karena adanya kepentingan, yaitu kepentingan suatu negara untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya. Oleh karena itu, negara-negara perlu melakukan interaksi atau kerja sama dengan negara lain ataupun dengan organisasi internasional.

Pengertian Hubungan Internasional

hubungan internasional © berbagai sumber

foto: Unsplash/Kyle Glenn

Hubungan Internasional adalah suatu bentuk hubungan antar negara yang merdeka dan berdaulat oleh dua negara atau lebih yang mencakup berbagai bidang kehidupan baik dari segi politik, ekonomi, sosial budaya, dan sebagainya.

Hubungan Internasional merupakan cabang dari Ilmu Politik dan merupakan suatu studi mengenai persoalan-persoalan luar negeri dan isu global di antara negara dalam sistem internasional.

Hubungan Internasional juga dapat dipahami sebagai suatu bidang akademis dan kebijakan publik yang bersifat positif atau normatif karena hubungan internasional berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu.

Secara umum, Hubungan Internasional diartikan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan.