Brilio.net - Electronic commerce atau e-commerce merujuk secara umum kepada semua bentuk transaksi yang berkaitan dengan aktivitas komersial baik organisasi maupun individu yang didasarkan pada proses dan transaksi data digital termasuk teks, suara, dan gambar.

Menurut Kalakota dan Whinston, definisi mengenai e-commerce dapat ditinjau dari beberapa macam perspektif yaitu perspektif komunikasi, perspektif proses bisnis, perspektif pelayanan, dan perspektif online sehingga e-commerce dapat dipahami sebagai satu set aplikasi, proses bisnis, dan ekonomi yang dinamis yang menghubungkan perusahaan dengan konsumen atau komunitas tertentu melalui transaksi elektronik.

E-commerce juga dapat dimaknai sebagai suatu jenis mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business to consumer).

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai e-commerce, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (23/8).