Brilio.net - Analisis SWOT merupakan suatu strategi yang digunakan untuk memecahkan masalah yang sudah disusun dengan matang. Analisii ini adalah sebuah teknik perencanaan strategi dalam menganalisis bisnis, atau suatu proyek agar berjalan efektif.

Ketika membangaun sebuah usaha atau bisnis yang baru, maka untuk menjalankannya harus menggunakan analisis SWOT agar lebih mudah untuk dijalankan.

Dilansir brilio.net dari berbabagi sumber, Senin (9/5) berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian SWOT

SWOT adalah kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats.

Menurut Freddy Rangkuti Analisis swot adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan ( weaknesses) dan ancaman (threats).

Menurut Sondang P. Siagian, ini merupakan salah satu instrumen analisis yang ampuh apabila digunakan dengan tepat telah diketahui pula secara luas bahwa "SWOT merupakan akronim untuk kata-kata strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman).

Analisis SWOT menurut Philip Kotler diartikan sebagai evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Analisis SWOT merupakan salah satu instrumen analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikenal luas.

Analisis ini didasarkan pada asumsi bahwa suatu strategi yang efektif akan meminimalkan kelemahan dan ancaman. Bila diterapkan secara akurat, asumsi sederhana ini mempunyai dampak yang besar atas rancangan suatu strategi yang berhasil.

(brl/ola)

RECOMMENDED BY EDITOR