Brilio.net - Pengendalian sosial adalah suatu proses yang direncanakan atau tidak direncanakan dengan tujuan mengajak, membimbing, bahkan memaksa khalayak untuk mematuhi nilai-nilai dan kaidah-kaidah yang berlaku. Pengendalian sosial digunakan untuk mengontrol dan menertibkan anggota masyarakat yang melakukan tindakan melanggar norma sosial di masyarakat.

Pastinya dalam setiap masyarakat akan adanya aturan, hal ini dilakukan untuk menertibkan masyarakat supaya tidak melanggar aturan tersebut. Namun, dewasa ini tak sedikit orang yang melanggar meskipun sudah adanya peraturan. Padahal, dari aturan ini tentunya ditunjukan demi kebaikan bersama lingkungan masyarakat.

Dengan adanya pengendalian sosial, menjadikan nilai dan norma yang digunakan dapat mendidik, mengajak, bahkan memaksa masyarakat untuk mematuhi dan mengatur hubungan antarpribadi dan antarkelompok. Selain itu pengendalian sosial berfungsi untuk meminimalisasi konflik dan mengontrol sikap serta perilaku dalam bermasyarakat.

Supaya dapat memahami lebih lanjut, kamu juga perlu mempelajari mengenai pengertian, jenis, dan sifatnya dari pengendalian sosial, seperti yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/5).

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR