Brilio.net - Operasi plastik lazim dilakukan warga Korea Selatan. Mulai dari kalangan muda, tua, laki-laki sampai perempuan kerap meniruskan rahang, memancungkan hidung hingga menambah lipatan di bagian mata agar terlihat lebih memesona. Harga operasi plastik itu mencapai Rp 120 juta.

Salah satu klinik kesehatan dan kecantikan yang berbasis di Korea Selatan Openbay Indonesia menawarkan berbagai perawatan untuk mempercantik penampilan.

"Kalau harga tergantung dari kondisi wajah orangnya, jadi tidak bisa dipukul rata," kata Direktur Openbay Indonesia Lenny Natalia Dewi dikutip Antara, Selasa (6/3).

Kendati demikian, Lenny memberikan harga rata-rata untuk beberapa tindakan, misalnya untuk memancungkan sedikit bentuk hidung bagian atas, maka pasien perlu merogoh Rp 120 juta. Sementara untuk membuat cuping pada ujung hidung, harganya Rp 90 juta.

Lanjut Lenny, untuk menghilangkan kantung mata akibat penuaan, uang yang harus dikeluarkan untuk permak wajah jenis ini adalah Rp 75 juta. Seluruh tindakan dilakukan di klinik pusat di Korea Selatan. Berbagai operasi belum dapat dilakukan di Indonesia, karena teknologi yang belum mendukung.

"Iya, pasien akan kami terbangkan ke Korea dengan biaya penerbangan sendiri atau kami bisa paketkan juga. Dari sisi teknologi di Indonesia masih belum ada, makanya harus di sana. Memang untuk estetika kecantikan tidak ada garansi ya, hanya saja rumah sakit kami itu nomor satu di sana," tandas Lenny.