Brilio.net - Teks proklamasi menjadi dokumen bersejarah yang ditampilkan pada mimbar kehormatan saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan di halaman Istana Merdeka, hari ini Selasa (17/8). Sehari sebelumnya, Sekretariat Presiden telah mendatangi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk mengambil teks proklamasi tersebut.

Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi ANRI Kandar kepada Sony Kartiko. Turut menyaksikan ada Kepala ANRI Imam Gunarto, Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati, Kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI Widarno, dan Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan. Pada momen ini pula, teks proklamasi asli ini ditunjukkan kepada publik.

naskah asli teks proklamasi © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

 

Naskah teks proklamasi ini memperlihatkan tulisan tangan Ir Soekarno. Meski sudah puluhan tahun berlalu, kondisi naskahnya masih bisa terbaca dengan baik. Hanya saja, warna kertasnya sudah terlihat sudah kecokelatan.

naskah asli teks proklamasi © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

 

Teks proklamasi ini juga disimpan dalam map serta boks kayu khusus. Tahun ini merupakan tahun kedua arsip bersejarah ini dihadirkan di Istana Merdeka bersandingan dengan teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik dan bendera pusaka.

Dibawanya naskah teks proklamasi ini diharapkan dalam menambah kekhidmatan pada upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia.