Brilio.net - Setiap negara tentunya memiliki tujuan untuk pembangunan nasional, hal ini merupakan upaya untuk memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi kehidupan berbangsa maupun bernegara. Pembangunan nasional adalah upaya untuk meningkatkan seluruh aspek yang ada di negara, sekaligus merupakan proses pembangunan keseluruhan sistem penyelenggara negara untuk mewujudkan tujuan nasional.

Tujuan pembangunan nasional juga tercantum dalam UUD 1945 di alinea keempat, yang berbunyi "...melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial serta mewujudkan cita-cita bangsa."

Dalam pelaksanaan pembangunan nasional harus mewujudkan seluruh aspek kehidupan yaitu perbaikan sistem politik, pemulihan ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan secara berencana serta menyeluruh. Hal ini untuk mewujudkan kehidupan yang sederajat dan sejajar serta lebih maju. Maka dari itu, pembangunan nasional perlu dilandasi dengan tujuan yang berkesinambungan supaya dapat berlangsung dengan baik.

Lebih lanjut, untuk dapat memahami tujuan, tahap, dan hambatan dari pembangunan nasional, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (27/5).