Brilio.net - Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi pendapat disertai dengan alasan kuat dan masuk akal. Penulisan paragraf tersebut perlu menyertakan bukti berupa contoh atau ilustrasi, penjelasan, pro dan kontra, untuk meyakinkan pembaca terkait dengan kebenaran pendapat yang disajikan.

Tujuan dari dibuatnya paragraf argumentasi adalah untuk meyakinkan seorang pembaca supaya dapat merasa simpati dan terpengaruh dengan pemikiran atau pendapat penulis. Dengan begitu, argumentasi yang disajikan bukan hanya omong kosong belaka sehingga pembaca merasa yakin dan akhirnya sependapat dengan penulis.

Bagi kamu yang ingin mempelajari cara untuk menulis paragraf argumentasi, sebelumnya kamu perlu memahami ciri, pola, dan langkah. Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/6), inilah ciri-ciri, pola, dan langkahnya dari paragraf argumentasi.

Ciri-ciri paragraf argumentasi.

Paragraf argumentasi adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Secara umum paragraf argumentasi mempunyai beberapa ciri utama, yaitu sebagai berikut.

1. Memberikan penjelasan mengenai pendapat, gagasan atau keyakinan penulis dengan tujuan untuk mempengaruhi keyakinan pembaca.

2. Memerlukan fakta yang diperjelas dengan angka, statistik, peta, grafik, gambar, atau bagan untuk membuktikan bahwa pendapat penulis itu benar.

3. Memerlukan analisis dan sintesis dalam pengolahan data.

4. Menggali sumber ide dari pengalaman, penelitian, sikap atau keyakinan.

5. Diakhiri dengan sebuah kesimpulan dalam kalimat penutup.