Brilio.net - Selama ini pameran foto selalu menampilkan karya-karya fotografi yang diambil menggunakan kamera profesional. Wajar jika hasilnya bikin takjub. Tapi bagaimana jika pameran foto yang karyanya justru hanya menggunakan kamera smartphone?

Ternyata hasilnya juga nggak kalah keren loh. Karya-karya menakjubkan inilah yang muncul pada pameran foto virtual di akun instagram Dia.Lo.Gue pada 23-27 September 2020. Pameran bertajuk Jejak Langkah yang menampilkan karya lima fotografer muda ini merupakan proyek kolaborasi antara Dia.Lo.Gue Artspace dengan Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup.

Seluruh karya yang ditampilkan dalam pameran foto virtual ini diambil menggunakan smartphone Jawara Xiaomi, seri Redmi Note 9 yang terdiri dari Redmi Note 9 sebagai Jawara Kamera 48MP dan Redmi Note 9 Pro sebagai Jawara Kamera 64MP. Dua tipe penerus legenda seri Redmi Note yang menciptakan benchmark baru untuk smartphone segmen kelas menengah.

“Kami ingin mengajak publik menikmati karya para fotografer yang memotret jejak langkahnya masing-masing untuk menjadi refleksi dalam menentukan langkah di masa depan. Seperti halnya Xiaomi yang menjadikan momen 10 tahun untuk melihat kembali perjalanan inovasi yang sudah dilalui untuk menjadi bekal transformasi hari ini serta menentukan arah untuk masa depan,” ujar Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Lewat pameran ini, pihak Dia.Lo.Gue Artspace mengapresiasi dan mendukung inisiatif Xiaomi menyebarkan semangat kreativitas bagi generasi muda Indonesia. “Pameran foto virtual Jejak Langkah menjadi bukti bahwa kreativitas dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, bahkan hanya bermodalkan perangkat smartphone,” kata Engel Tanzil, Founder Dia.Lo.Gue Artspace.

Nah seperti apa hasil karya lima fotografer muda yang dipamerkan secara virtual ini, berikut tampilannya.   

1. Florencia Wirawan, cocok untuk foto FnB

Foto kamera smartphone © 2020 brilio.net

Fotografer yang juga seorang dokter di salah satu Rumah Sakit di Jakarta ini pada pameran kali ini menampilkan karya sesuai passion-nya. Menggunakan Redmi Note 9, Florence mampu mengambil foto yang menakjubkan.

“Kemampuan kameranya jauh melebihi ekspektasi saya dan sangat mendukung mereka yang hobi membagikan foto makanan di media sosial. Mode Pro yang ada di perangkat ini juga sangat menyenangkan untuk digunakan bereksplorasi,” kata Florencia. 

2. Roni Hendrawan, foto makro yang cukup detail

Foto kamera smartphone © 2020 brilio.net

Lain lagi dengan Roni Hendrawan yang mampu membidik objek dengan detail lewat foto-foto makro. Foto jejeran bulir air di atas daun dan laba-laba dia ambil menggunakan lensa makro Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Secara visual menggambarkan bahwa untuk menjadi sesuatu yang besar segala sesuatu selalu dimulai dari langkah kecil.

Fotografer asal Bangka Belitung ini cukup takjub dengan kemampuan lima kamera dalam Redmi Note 9 Pro yang membuatnya leluasa dalam mengambil gambar. “Kamera ini mampu menangkap objek makro dengan pembesaran, detail dan ketajaman melebihi ekspektasi saya,” katanya.

3. Bressiona Chastity, merekam potret

Foto kamera smartphone © 2020 brilio.net

Dalam pameran ini, Bressiona Chastity merekam bola matanya sebagai organ tubuh yang selalu menemaninya dan menjadi saksi jejak langkah hidupnya. Ia juga memotret sang sahabat yang sedang hamil dalam konsep hitam putih, termasuk mengambil gambar dua orang yang sedang berbahagia menikmati mie instan di sudut penampungan sampah, rasa itu tinggal dan abadi.    

Semua foto ini ia ambil menggunakan Redmi Note 9 Pro. Lewat perangkat tersebut, Bressiona berkisah bagaimana  memotret itu bagaikan menuliskan perasaan ke dalam ribuan pixel yang penuh dengan metafora.

4. Kaki Sumpit, siluet di pantai Lombok

Foto kamera smartphone © 2020 brilio.net

Sementara Kaki Sumpit mengabadikan keindahan sebuah pantai di Lombok. Menggunakan Redmi Note 9, ia berhasil merekam seorang peselancar di Pantai Selong belanak dalam konsep siluet dan hitam putih.  

“Beberapa moment datang tidak diduga dan pergi tanpa tunda. Dengan kamera smartphone Xiaomi aman terkendali…Cantik syekali,” ujar Kaki Sumpit.

5. Melina Anggraini, merekam aksi panggung

Foto kamera smartphone © 2020 brilio.net

Sebagai fotografer yang gemar memotret seni pertunjukan, Melina menghadirkan foto-foto yang berkaitan dengan dunia panggung. Menggunakan Redmi Note 9 Pro ia mengambil foto ketika Hindia & Lomba Sihir sedang melakukan sebuah pre-recorded show yang dilakukan tim internal.

Karena tidak terlalu banyak perintilan di atas panggung, memungkinkan ia mendapatkan gambar dengan latar yang jelas dan memangkas jarak dengan objek.

Oh iya, selain pameran foto, Xiaomi juga mengajak publik khususnya Mi Fans untuk berpartisipasi meramaikan pameran virtual ini dan menularkan semangat kreativitas. Caranya dengan mengikuti kompetisi foto selama pameran berlangsung, yaitu pada 23-27 September 2020. Tiga pemenang akan mendapatkan masing-masing satu unit Redmi Note 9 Pro. Siapkan smartphone jawara kamu.   

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR