Brilio.net - Seperti yang kita ketahui, limbah pabrik merupakan salah satu penyumbang terbesar dari kerusakan alam. Tapi bagaimana bila ada pabrik yang menggunakan teknologi ramah lingkungan demi menjaga bumi tetap hijau.

Hal itulah yang dilakukan oleh pabrik Danone-AQUA yang saat ini memanfaatkan teknologi ramah lingkungan. Terletak di Ciherang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor memanfaatkan teknologi ramah lingkungan dalam memproduksi air mineral kemasan.

Danone-AQUA Ciherang Factory SHE Manager, Ida Mintarnik mengatakan bahwa pihaknya mengangkat konsep Blue Operation untuk membantu kelestarian alam.

"Melalui program ini kita ingin menyelamatkan planet bumi. Caranya dengan mengendalikan penggunaan energi air dan limbah," ujar Ida.

Selain itu, konsep Blue Operations ini mampu mendidik para pegawai Danone-AQUA agar menjadi ambassador lingkungan, yang dapat diterapkan tidak hanya di lingkungan kerja namun juga di lingkungan sekitarnya.

Loading...

Berikut cara cara yang dilakukan oleh Danone-AQUA untuk menjaga kelestarian alam dengan program Blue Operation.

1. Daur ulang sampah.

Pabrik Aqua © 2019 brilio.net

Pabrik ini juga memanfaatkan sampah yang dimiliki. Jadi setiap titik ada tiga tempat sampah yang terbagi, dari sampah plastik, sampah basah, dan sampah kering. Ketiga sampah itu akan dimanfaatkan seperti membuat pupuk kompos yang nantinya akan digunakan untuk menyuburkan semua tanaman yang ada di sekitaran area pabrik.

"Sejak 2018 kita enggak kirim sampah ke TPU (Tempat Penampungan Sampah), tapi ada yang kita recycle ada juga yang dijadikan pupuk kompos," jelasnya.

2. Penggunaan solar panel.

Pabrik Aqua © 2019 brilio.net

Yang menarik dari pabrik ini adalah, penggunaan solar panel yang dimanfaatkan untuk aktivitas produksi. Di pabrik Danone-AQUA Ciherang, terdapat solar panel yang dapat menghasilkan 13 persen energi atau setara 770 Kwp yang dibutuhkan untuk kapasitas produksi per hari. Solar panel akan berfungsi semakin maksimal ketika intensitas matahari semakin besar.

3. Memanfaatkan air hujan.

Pabrik Aqua © 2019 brilio.net

Berada di wilayah yang curah hujannya cukup tinggi, dimanfaatkan Danone-AQUA untuk menampung air hujan atau disebut rain water harvesting. Kegiatan ini dilakukan untuk untuk keperluan domestik seperti air untuk mushola, sumur imbuhan, dan toliet.

RECOMMENDED BY EDITOR