Brilio.net - Organisasi merupakan salah satu bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama secara efisien dan efektif melalui kegiatan yang telah ditentukan secara sistematis. Sebuah organisasi pasti di dalamnya terdapat pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas dalam mencapai tujuan.

Secara umum organisasi adalah wadah atau tempat berkumpulnya orang-orang secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan) sarana-prasarana, data, dan lainnya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk tujuan organisasi.

Organisasi kerap dijumpai, mulai dari organisasi di sekolah, di perguruan tinggi, organisasi tingkat desa, hingga organisasi internasional seperti halnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat ini sudah banyaknya organisasi, dan mungkin kamu juga mengikuti suatu organisasi tertentu.

Karena dengan adanya organisasi, dapat melatih serta mendidik setiap orang untuk bersosialisasi, menyalurkan bakatnya, dan bertanggung jawab pada keputusan yang ada di dalam suatu organisasi. Nggak hanya itu, organisasi juga menjadi suatu wadah untuk individu mencari pengalaman serta pengetahuan di lingkup eksternal.

Lebih lanjut, untuk memahami pengertian, unsur, jenis, dan manfaat dari organisasi, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, pada Senin (11/4).