Brilio.net - Istilah opini berasal dari bahasa Inggris yaitu 'opinion' yang artinya tanggapan atau pendapat terhadap suatu hal yang bisa diungkapkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Bagi sebagian orang, menyampaikan suatu opini merupakan cara untuk menunjukkan dirinya memiliki sudut pandang untuk melihat dan memahami suatu hal.

Setiap opini atau tanggapan tergantung dengan apa yang akan disampaikan, bisa berupa pendapat yang menyatakan setuju, bisa juga menyatakan ketidaksetujuan terhadap suatu hal. Opini sangat wajar jika berbeda dengan orang lain, maka dari itu setiap manusia perlu menghargai pendapat orang lain.

Opini yang baik biasanya disajikan dengan data atau fakta yang ada di lapangan. Hal ini dilakukan supaya dapat menguatkan opini tersebut. Dengan begitu, seseorang yang mendengar dapat yakin, menerima atau mendengarkan opini yang disampaikan.

Nah, untuk dapat memahami lebih detail mengenai ciri-ciri dan jenis dari opini, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (18/6).