Brilio.net - Bagi kamu pemilik rambut yang cenderung keriting dan bergelombang, dalam beberapa momen pasti menginginkan rambut lurus. Meluruskan rambut dengan alat pelurus rambut merupakan salah satu cara yang sangat singkat. Namun, dibalik hasil yang cepat ternyata alat pelurus rambut dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Cara meluruskan rambut dengan alat pelurus ini dapat berdampak buruk karena kerap menggunakan panas dan bahan kimia yang sangat buruk untuk kesehatan rambut. Seiring berjalannya waktu, penggunaan alat pelurus rambut dapat membuat ujung rambut terbelah atau bercabang dan akhirnya rambut menjadi rusak dan tidak sehat.

Untuk menghindari efek samping alat pelurus rambut atau catokan, kamu bisa memilih meluruskan rambut secara alami tanpa bantuan alat penata rambut, serta penggunaan bahan-bahan kimia. Bahkan kamu bisa membuatnya hanya menggunakan bahan-bahan dapur. Seperti yang dibagikan oleh salah seorang pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @runa.ucupz pada (6/2/2021) lalu.

Cara meluruskan rambut secara alami pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@runa.ucupz

"Lebih suka rambut lurus/ikal sih ??," tulis pemilik akun dalam video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @runa.ucupz, Selasa (17/1).

Dalam video yang berdurasi 15 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara meluruskan rambut secara alami yang hanya menggunakan 2 bahan dapur. Kedua bahan dapur tersebut adalah putih telur dan tepung beras.

Manfaat telur untuk rambut berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, baik dari bagian putih atau kuning telur. Menjadikannya masker rambut atau mengonsumsinya secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Selain itu, putih telur juga disebut sebagai pelurus rambut alami.

Cara meluruskan rambut secara alami pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@runa.ucupz

Memang tidak secepat hasilnya ketika meluruskan rambut di salon, namun tidak ada salahnya juga jika kamu mencobanya kan? Bahkan kandungan protein dan keratin di dalamnya dapat membantu menjinakkan rambut kusut dan membuatnya lebih halus, sehingga mudah disisir.

Sementara, tepung beras yang berbentuk butiran memiliki kemampuan mengencangkan rambut yang membuatnya luar biasa. Hal ini berkat kandungan inositol, yaitu karbohidrat yang dapat membuat elastisitas rambut semakin baik. Sehingga rambut lebih lurus dan mudah diatur.

Jadi, apabila kedua bahan tersebut dicampurkan akan menjadi salah satu alternatif pilihan dalam meluruskan rambut secara alami. Campuran ini akan menutrisi sekaligus melembutkan rambut agar mudah diluruskan.

Cara meluruskan rambut secara alami pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@runa.ucupz

Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan pecahkan 2 butir telur, kemudian pisahkan dengan bagian kuningnya. Setelah itu, kocok putih telur sampai berbusa. Jika sudah berbusa, tambahkan 4 sendok makan tepung beras. Aduk kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta.

Lebih lanjut, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada rambut seperti halnya saat kamu memakai masker rambut. Pastikan pengaplikasiannya secara merata, ya, agar hasilnya lebih maksimal. Setelah itu, diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Kamu bisa langsung keramas untuk menghilangkan bau amis pada rambutmu. Namun, jangan lupa untuk tetap menggunakan kondisioner setelah keramas, ya.

Cara meluruskan rambut secara alami pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@runa.ucupz

Cara meluruskan rambut secara alami dengan 2 bahan dapur ini pun sontak viral dan mengundang berbagai respon dari warganet. Bahkan hingga kini, videonya sudah ditonton lebih dari 268,6 ribu kali dan menuai lebih dari 140 komentar.

"aku malah pake kuning telur ayam kampung.. hasilnya lurus dan makin tebal..," celetuk pemilik akun @kebayadandres.

"seriussss...cobak ahhhh...," komentar akun @ririskristanto33.

"trimksh tutorialnya kak, rambut ku jg agak kriting,trus kering dan tebal," ungkap pemilik akun @islamiyah151.

@runa.ucupz Lebih suka rambut lurus / ikal sih ?? #fyp #diy #tutorials #PastiAWESOME Caught In The Middle - Nugs_02 ‍