Brilio.net - Serial kartun dari Negeri Jiran Upin Ipin memang menjadi favorit tayangan di Indonesia. Hampir setiap hari, tayangan Upin Ipin menghiasi layar kaca. Serial kartun ini menceritakan kehidupan anak-anak dan masyarakat pedesaan yang jauh dari kecanggihan teknologi. Upin dan Ipin juga kerap mengangkat isu sosial yang dekat dengan masyarakat. Nggak heran kalau serial kartun yang satu ini selalu memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Setiap episodenya selalu dipenuhi dengan cerita yang penuh keceriaan. Karenanya, Upin Ipin sudah layaknya tayangan yang nggak boleh di lewatkan oleh anak-anak. Serial kartun ini juga mengandung banyak pesan moral yang bisa jadi pembelajaran untuk anak-anak zaman sekarang.

Nah, dalam serial Upin Ipin ini ada banyak karakter yang bermain peran lho. Masing-masing karakter ini memiliki ciri khas masing-masing. Selain itu, karakter Upin Ipin juga menampilkan keragaman etnis dan budaya yang dapat menjadi pembelajaran toleransi bagi penontonnya.

Sudah lama tayang di layar kaca, nggak banyak yang tahu nama asli karakter dalam serial kartun Upin Ipin nih. Pasalnya, nama asli karakter ini memang jarang disebutkan. Tapi, belakangan terkuak nama asli Upin dalam sebuah episode Upin Ipin. Hal ini bikin penasaran warganet soal nama asli karakter Upin Ipin yang lainnya.

Brilio.net telah menghimpun dari Upin Ipin Fandom pada Kamis (15/8), nama asli 9 karakter Upin Ipin yang nggak banyak diketahui orang.

Loading...

1. Aruffin bin Abdul Salam.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@upinipinfans

Nama asli Upin terungkap dalam salah satu episodenya. Pada episode tersebut, diceritakan kalau siswa sekolah Tadika Mesra sedang mengadakan latihan ujian. Kak Ros marah besar karena adik-adiknya mendapat nilai jelek dalam berhitung. Nama lengkap Upin ini terungkap saat dirinya memperlihatkan hasil ujian mereka. Di kertas nilai tersebut, tertera nama Upin yakni Aruffin bin Abdul Salam.

2. Ariffin bin Abdul Salam.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: YouTube/Upin Ipin

Terkuaknya nama asli Upin membuat warganet beranggapan bahwa nama Ipin tak jauh berbeda dari kembarannya. Mereka menduga nama Ipin yakni Ariffin bin Abdul Salam. Pasalnya, nama panggilan keduanya pun mirip dan hanya berbeda huruf depannya saja.

3. Opah Siti.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@opah_official

Dalam sebuah episode, Kak Ros pernah menanyakan surat cinta Abdul Ghani dan Siti. Saat ditanya oleh Ros, Opah terlihat malu-malu dan menghindar. Ternyata surat cinta tersebut milik Opah Upin Ipin. Belakangan, diketahui nama asli Opah adalah Siti. Sementara sang suami yakni kakek Upin Ipin bernama asli Abdul Ghani.

4. Ismail bin Mail.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@mail_oppa

Karakter yang pandai berdagang dalam serial Upin Ipin ini memang kerap mencuri perhatian dengan kelucuannya. Apalagi kalau sudah berkaitan dengan barang dagang dan uang. Nama Mail juga kerap dipanggil oleh Cikgu Jasmine dengan sebutan Ismail bin Mail. Ya, nama asli Mail yakni Ismail bin Mail. Nama Mail ini juga terungkap saat episode periksa gigi di Tadika Mesra. Di episode tersebut Mail menyerahkan surat persetujuan orangtua yang tertera namanya.

5. Jarjit Singh.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: youtube.com/Jarjit Singh

Karakter lucu yang gemar berpantun di serial Upin Ipin yakni Jarjit juga menjadi salah satu yang paling populer. Dalam beberapa episode, nama asli Jarjit juga sering disebutkan. Nama asli karakter ini yakni Jarjit Singh. Dirinya kerap berpantun dan meneriakkan kata-kata 'Marvelous'.

6. Mohammad Al Hafeezy.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: youtube.com/Upin Ipin

Fizi merupakan teman baik Ehsan. Karakternya digambarkan selalu dekat dan bersahabat baik dengan Ehsan. Fizi merupakan karakter yang identik dengan baju biru dan sisiran rambut miring. Nah, meski nggak pernah absen di setiap serial Upin Ipin, ternyata nggak banyak yang tahu nama asli Fizi lho. Dilansir dari Upin Ipin Fandom, nama asli Fizi yakni Mohammad Al Hafeezy.

7. Ehsan bin Azzarudin.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: Facebook/Fareez Daniel

Ehsan digambarkan sebagai anak manja dalam serial kartun Upin Ipin. Dirinya selalu mengadu kepada sang ayah tentang apapun yang dialaminya. Selain itu, ia kerap membawa barang-barang dan mainan anak terbaru yang dibelikan oleh sang ayah. Nah, nama asli Ehsan ini yakni Ehsan bin Azzarudin. Azzarudin sendiri merupakan ayah dari Ehsan.

8. Isnin bin Khamis.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: youtube.com/Upin Ipin

Selain Opah salah satu karakter orang dewasa yang juga populer di serial Upin Ipin yakni Tok Dalang. Kendati demikian, nggak banyak yang tahu kalau karakter kakek yang baik hati dan dekat dengan Upin Ipin ini nama aslinya adalah Isnin bin Khamis.

9. Xiao Mei Mei.

nama upin ipin © 2019 berbagai sumber

foto: Facebook/Mei Mei

Karakter teman Upin Ipin yang berdarah Tionghoa, Mei Mei juga menjadi salah satu karakter yang populer di Upin Ipin. Namun begitu nggak banyak yang tahu kalau nama asli Mei Mei yakni Xiao Mei Mei.

RECOMMENDED BY EDITOR