Brilio.net - Tak lama lagi umat muslim bakal memasuki Ramadan 2021. Layaknya sebuah tradisi, setiap Ramadan berbagai tayangan televisi dirancang menyesuaikan dengan bulan suci tersebut. Apalagi di tengah kondisi pandemi yang belum terselesaikan saat ini, kehadiran pesan positif lewat tayangan televisi yang memberikan inspirasi dan kegembiraan tentu menjadi sebuah kebutuhan tersendiri dalam memperkuat imun tubuh menjalankan ibadah Ramadan.

Strategi inilah yang dilakukan NET dalam menyambut Ramadan 1442H. Televisi swasta nasional ini kembali menghadirkan rangkaian program spesial Ramadan untuk pemirsanya.

Ramadan NET © 2021 brilio.net

“NET secara berkesinambungan terus berupaya mengembangkan berbagai kreativitasnya lewat tayangan berkualitas, yang mampu menghibur dan memberikan inspirasi pemirsanya, serta menyajikan tontonan yang bukan sekedar hiburan semata, namun juga bisa menjadi tuntunan lewat konten-konten terbaiknya di bulan Ramadan,” ujar CEO NET Deddy Sudarijanto. 

Nah pensaran rangkaian program apa saja yang bakal disajikan NET sepanjang Ramadan 2021? Berikut faktanya.

1. Kring-kring Ramadan

Ramadan NET © 2021 brilio.net

Program ini akan hadir setiap hari pada waktu-waktu tertentu, antara lain saat sahur pukul 04.00 WIB dalam “Kring-kring Sahur”, siang hari pukul 11.30 WIB dan 12.30 WIB, sore hari menjelang berbuka pukul 16.25 WIB, dan malam hari pukul 20.00 WIB.

Program ini menghadirkan Cak Lontong dan komika Rigen yang akan berinteraksi pada waktu-waktu tersebut untuk berbagi hadiah lewat berbagai tantangan seru Ramadan bersama pemirsa NET. Selain itu, kedua komedian tersebut akan memberikan berbagai aneka informasi unik seputar kebiasaan di bulan Ramadan untuk pemirsanya.

2. Ramadan In The Kost

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NET. Mediatama Televisi (@netmediatama)

Program ini menghadirkan sebuah komedi TV Play setiap hari menjelang waktu berbuka puasa mulai pukul 16.30 WIB. Ramadan In The Kost mengambil benang merah kisah kehidupan penghuni kos Rina Nose dan Mpok Alpa yang terpaksa tak bisa mudik karena pandemi dan tinggal bersama dalam sebuah rumah indekos milik Mami Melaney Ricardo.

Berbagai keseruan dan kekonyolan muncul dalam berbagai cerita yang dekat dengan keseharian masyarakat, termasuk dalam interaksinya dengan para tetangganya yang tak kalah konyol diperankan Surya Insomnia, Gilang Dirga, Cak Lontong, Danang DA, dan Rizky Inggar. 

“Lewat balutan cerita komedi dan canda, NET menghadirkan berbagai value positif yang lebih dekat dengan cerita keseharian masyarakat kita di tengah pandemi saat ini. Berbagai  inspirasi positif dimunculkan NET dalam setiap tayangannya, mulai menjelang  sahur hingga malam hari di layar kaca NET,” kata Yeni Anshar, Direktur Programming NET.

3. Ruqyah

Menjelang waktu sahur, NET menyajikan lantunan ayat suci Al Quran yang ternyata dapat menjadi bagian dari metode penyembuhan penyakit melalui sebuah program reality Ruqyah setiap hari pukul 02.30 WIB.

4. Kemuliaan Hati

Ramadan NET © 2021 brilio.net

Kisah-kisah inspiratif berbagi kebaikan dan kepedulian antar sesama juga akan menghiasi layar kaca NET lewat tayangan Kemuliaan Hati pada waktu sahur pukul 03.00 WIB dan malam hari pukul 19.00 WIB.

“Program ini mengingatkan kita pada tradisi masyarakat Timur dalam peduli terhadap sesama, termasuk kesabaran kita dalam memanusiakan manusia yang mungkin hidup dalam kondisi kurang normal,” lanjut Yeni.

5. Muslim Travelers

Di pagi hari, pemirsa NET akan diajak menjelajah ke berbagai pelosok nusantara setiap pukul 04.30 WIB bersama Muslim Travelers. Program peraih penghargaan Anugerah Syiar Ramadan (ASR) tersebut kali ini akan mengajak pemirsa mengenal lebih jauh tradisi Islam di berbagai pelosok Indonesia bersama Chiki Fawzi dan Ussi Fauziah.

6. Curhat Ustad

Ramadan NET © 2021 brilio.net

NET juga menyajikan program reliji inspiratif dan interaktif lain bersama Ustad Wijayanto, Anang Batas dan Nessa Ghozal dalam Curhat Ustad  setiap hari  pukul 06.00 WIB.

7. Diary Bahagia dan Keluarga Asik

Ramadan NET © 2021 brilio.net

Di siang hari, NET menyiapkan sajian tayangan Ramadan untuk keluarga milenial berupa reality kehidupan keluarga pasangan muda setiap pukul 11.30 WIB lewat dua program yang berbeda. Setiap Senin-Jum,at, program reality Diary Bahagia akan menemani pemirsa NET dengan menghadirkan kehidupan figur asal Indonesia yang menikah dengan pasangannya yang berasal dari negara dan budaya yang berbeda, serta memutuskan hidup di perantauan negara asal pasangannya tersebut.

Sementara itu, reality Keluarga Asik hadir pada hari Sabtu dan Minggu, lewat  keseruan reality keseharian pasangan muda selebritis dalam membina biduk rumah tangganya, seperti yang tergambar dari harmonisnya pasangan muda Rezky Aditya dan Citra Kirana, serta keluarga Monica Soyara.

8. Tayangan anak

Ramadan NET © 2021 brilio.net Al Qolam

NET juga menghadirkan sebuah animasi 3D buatan anak negeri berjudul Hafidz dan Hafidzah setiap hari pukul 14.00 WIB. Animasi si kembar Hafidz dan Hafidzah ini memperkenalkan pemirsa NET pada  keseharian seru anak-anak penghafal Quran dan sunnah yang lugu dan polos berbagi kisah-kisahnya. 

NET juga mengajak sejumlah anak artis berbagi bacaan doa harian, seperti yang dilakukan anak-anak dari Irfan Hakim, Ayu Ting-ting, dan Desta Mahendra di waktu-waktu tertentu.

9. Tonight Show Ramadan

Ramadan NET © 2021 brilio.net

Di malam hari giliran Tonight Show Ramadan yang akan hadir kembali bersama canda Desta-Vincent setiap pukul 21.30 WIB. Pastinya tayangan ini bakal menghadirkan para bintang tamu yang menarik dan juga local heroes yang terlibat berperan aktif membantu keseharian masyarakat.