Brilio.net - Nasionalisme identik dengan rasa solidaritas terhadap musibah dan kekurangberuntungan saudara setanah air, sebangsa, dan senegara. Nasionalisme juga mengandung makna kesatuan dan persatuan. Dari makna tersebut, mengandung arti bahwa nasionalisme adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.

Dalam arti lain, nasionalisme juga berarti kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki rasa kebanggaan sebagai bangsa, dan memelihara kehormatan bangsa. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri, dalam kata lain negara Indonesia.

Rasa nasionalisme ini tumbuh karena ingin berperan kuat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan suatu negara. Hal ini juga perlu dibuktikan dengan sikap atau perilaku seperti mematuhi hukum negara, turut melestarikan budaya negara, dan melakukan aksi nyata untuk membela negara.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui pengertian dan bentuk dari nasionalisme, berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (25/5).

 

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR