Brilio.net - Sudah lebih dari sebulan masyarakat di seluruh dunia melakukan social dan physical distancing atau menjaga jarak secara sosial maupun fisik sejak munculnya pandemi virus corona. Hal itu tentu membuat banyak orang rentan dilanda stres karena harus di rumah saja.

Tak sedikit yang ingin mendapatkan hiburan dengan jalan-jalan keluar. Termasuk berlibur melihat keindahan kota atau negara lain. Sayangnya, selama social dan physical distancing berlaku, semua aktivitas di luar rumah, termasuk jalan-jalan dilarang.

Namun tak perlu khawatir, beberapa tempat wisata menawarkan tur virtual untuk masyarakat yang ingin menghilangkan stres saat di rumah saja. Salah satunya adalah museum kotoran di Jepang. Menjadi salah satu museum unik yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi, museum ini menghibur masyarakat untuk tur online di dalam museum.

Museum unko © 2020 brilio.net

Dilansir Brilio.net dari soranews24, Jumat (1/5), sejak pertama kali dibuka, Museum Unko (Poo Museum) yang secara harafiah bermakna Museum Kotoran ini meraup sukses mencuri perhatian warga Jepang. Namun demi pencegahan penyebaran virus corona, Museum Unko pun ditutup sejak Maret 2020.

Museum unko © 2020 brilio.net

Penutupan museum tersebut bukan lantas menghentikan pihak museum untuk berkreasi. Mereka buka secara online lewat portal baru dan menjadi bagian "Stay Home Week" sebagaimana dicanangkan pemerintah untuk tetap di rumah.

Mulai 1 Mei 2020, pengunjung museum bisa berkunjung secara virtual dan bermain dengan aneka kotoran unik. Area itu disebut "Unteractive Area".

Museum unko © 2020 brilio.net

Kemudian pengunjung juga bisa datang ke area "Unstagenic" yang menawarkan latar belakang foto untuk diunggah ke media sosial. Melalui situs ini, latar belakang itu juga bisa diunduh sebagai latar video call.

Tak cuma itu, ada area "Untelligence" yang memungkinkan pengunjung bisa melihat berbagai ilustrasi kotoran yang dibuat oleh artis lokal. Ilustrasi kotoran ini biasanya hanya bisa dilihat di museum, tapi semua orang kini bisa melihatnya langsung.

Museum unko © 2020 brilio.net

Area seru lainnya pengunjung juga bisa berkontribusi sendiri dengan membuat ilustrasi kotoran secara online di template "toilete-bowl". Semua pengalaman virtual yang ditawarkan Museum Kotoran di Jepang ini gratis.