Brilio.net - Guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Perjuangan guru untuk mencerdaskan murid-muridnya memang sering tidak disadari. Tapi perlakuan seorang guru asal Sulawesi ini bakal membuka mata banyak orang tentang pengorbanan seorang guru kepada muridnya.

Belum lama ini, viral foto-foto seorang guru pria sedang menggendong muridnya. Terlihat senyum lebar di wajah guru yang mengenakan peci dan kacamata itu. Meski semua yang melihat tahu, menggendong seukuran anak SMP itu tentu tidak enteng.

Pada salah satu foto, terlihat pada kaki kanan murid cowok terdapat penyangga. Alat yang dibuat dari kayu ini kemudian diplester ke kaki bagian tulang kering murid tersebut. Usut punya usut, murid SMP ini tidak mampu berjalan karena tulang pada kakinya dikabarkan patah.

guru gendong murid kaki patah © Instagram/@makassar_iinfo

foto: Instagram/@makassar_iinfo

Loading...

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @makassar_iinfo, Kamis (19/9), guru yang diketahui bernama Mukim ini menjemput muridnya yang patah kaki itu dengan cara menggendong. Ia juga memulangkannya setelah jam pelajaran sepenuhnya usai. Mukim melakukan ini hanya demi alasan, agar muridnya itu tetap bisa belajar di sekolah.

"Aksi seorang guru di Morowali, Sulawesi Tengah yang rela menjemput dan menggendong siswanya yang sedang mengalami patah tulang agar tetap bisa belajar di sekolah. Lokasi sekolah beliau mengabdi terletak di desa Wosu kec. Bungku Barat," tulis akun @makassar_iinfo.

Mukim melakukan aksinya ini tampaknya tidak hanya sekali atau dua kali. Sebab, dari foto yang beredar terlihat ada momen di mana sang guru dan murid mengenakan seragam yang berbeda-beda.

guru gendong murid kaki patah © Instagram/@makassar_iinfo

foto: Instagram/@makassar_iinfo

Usai diunggah akun @makassar_iinfo pada beberapa waktu lalu, postingan tersebut telah mendapat lebih dari 35 ribu tanda suka. Banyak warganet mengaku salut dengan perjuangan Mukim dan juga muridnya yang mau diayomi.

"Jarang ada guru yang kaya gini," kata akun @rizkiferdianzaa.

"Luar biasa pak semoga sehat dan sukses trus," ujar akun @thechuapss.

"The real pahlawan tanpa tanda jasa," ungkap akun @mandiss579.

RECOMMENDED BY EDITOR