Brilio.net - Bagi banyak murid, jam istirahat adalah waktu yang paling dinantikan. Biasanya pada jam tersebut bakal dimanfaatkan untuk melepas penat sejenak dengan mengobrol sambil jajan di kantin. Ada juga yang memilih bawa bekal dari rumah, sementara saat di kantin cuma numpang beli minum saja. Terpenting bisa kumpul dan bercanda dengan teman-teman.

Tapi berbeda dengan yang dilakukan cowok bernama Hau. Murid SMK Seri Bintang Utara, Malaysia itu memilih untuk tidak bercengkrama dengan teman-temannya. Ia malah lebih memilih membantu ibu kantin dalam menyiapkan pesanan makanan. Padahal ibu kantin di sekolah itu bukanlah ibu kandung ataupun saudaranya.

Peristiwa langka ini diceritakan oleh seorang guru pemilik akun Facebook Redzwan Azizan, ia yang sedang berkunjung ke SMA tersebut tak menyagka bakal menemui murid yang begitu peduli. Ketika sang pemilik kantin ditanya oleh Redzwan, perempuan tersebut mengungkapkan kalau Hau ini sukarela dalam membantunya. Ia di sana tidak kerja part time dan juga tidak diupah.

"Tak lah dia yang mau tolong. Bapak dia kerja jualan jugak. Nanti kalau dia mau makan apa dia just ambil sajela," ujar ibu kantin tersebut seperti brilio.net kutip dari postingan Redzwan Azizan, Kamis (18/7).

Guru asal Malaysia ini tak lupa mengabadikan saat Hau sedang beraksi menyiapkan pesanan makanan. Dalam foto yang dibagikan, Hau terpotret memakai seragam lengkap dengan dasinya. Cowok ini juga memakai topi berwarna hitam. Saat itu, ia tampak sedang meracik sebuah pesanan roti.

Loading...

Masih menurut pengakuannya, Redzwan sangat salut dengan apa yang Hau lakukan. Meski hanya membantu secara sukarela, ia tetap memikirkan kehigienisan makanan yang dibuatnya. Seperti yang terlihat dalam foto, Hau di situ memakai sarung tangan saat memegang bahan-bahan makanan.

Selain itu, tentu tak banyak murid yang berbaik hati mau menolong ibu kantin secara sukarela di tengah jam istirahat. Inilah yang harusnya dicontoh oleh para murid.

"Mudah mudahan kita dapat mendidik anak2 mandiri dan kuat menghadapi tantangan," kata Redzwan.

Usai diunggah pada beberapa waktu lalu, postingan guru ini cukup menyita perhatian warganet. Hingga kini postingan tersebut telah mendapat ratusan reaksi dari pengguna Facebook.

RECOMMENDED BY EDITOR