Brilio.net - Muhasabah berasal dari kata hasiba yahsabu hisab yang secara etimologis berarti melakukan perhitungan. Dalam artian lain, muhasabah adalah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya. Muhasabah menjadi salah satu sarana untuk mengantarkan manusia mencapai tingkat kesempurnaan sebagai hamba Allah.

Dalam Islam, muhasabah bertujuan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah (habluminallah), hubungan kepada sesama manusia (habluminannas), dan hubungan dengan diri sendiri (habluminannafsi). Saat muhasabah, hendaknya manusia menyadari kekurangan diri sendiri dan kesalahan apa yang telah dilakukan dalam arti introspeksi diri.

Dengan senantiasa bermuhasabah diri, maka setiap muslim dapat mengetahui kelemahan serta sadar akan aib dirinya sendiri. Baik itu dalam hal amalan, ibadah, maupun aktivitas kehidupan duniawi. Oleh sebab itu, muhasabah memberikan pelajaran bagi manusia untuk lebih menyadari akan hak dan kewajiban sebagai umat muslim, karena segala perbuatan semata-mata hanya karena Allah.

Muhasabah memberikan pandangan baru terhadap segala sesuatu. Jika kamu terbiasa merenung dan bermuhasabah maka akan lebih memahami makna di balik kehidupan, sebab kehidupan di dunia sangatlah singkat dan jauh berbeda dengan kehidupan di akhirat yang kekal.

Lebih lanjut, untuk mengetahui mengenai muhasabah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (13/4).