Brilio.net - Indonesia merupakan masyarakat majemuk, dari pulau Sumatera hingga Papua terdiri berbagai ras dan suku bangsa. Semuanya hidup berdampingan satu sama lain tanpa mempersoalkan latar belakang setiap kelompok masyarakat.

Salah satu latar belakang yang cukup beragam yang terdapat pada masyarakat Indonesia adalah latar belakang agama. Sejak dahulu kepulauan Nusantara telah banyak dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan termasuk agama, dari mulai Hindu, Buddha, Islam, Kristen, hingga Konghucu, semuanya telah jadi kepercayaan resmi yang tersebar menjadi agama orang-orang Indonesia.

Di Bali misalnya, salah satu daerah di Indonesia yang didominasi oleh penduduk beragama Hindu. Meski begitu, di Bali juga banyak penduduk dari agama lain seperti Islam, Kristen, Buddha, hingga Konghucu.

Momen Muslim & Hindu pawai bareng Berbagai sumber

foto: TikTok/@eptbls

Hal tersebut menjadi wajar jika toleransi di Bali begitu dijunjung tinggi. Bahkan belum lama ini sebuah video yang diunggah akun @etpbls menunjukkan bagaimana toleransi yang sangat indah terjadi di Bali.

"Indahnya toleransi," tulis akun @eptbls dalam video yang diunggahnya.

Dalam video yang berhasil viral ini, tampak jalanan dipenuhi dua pawai rombongan yang berbeda. Di satu sisi, tampak rombongan masyarakat Hindu yang tengah pawai. Di sisi lainnya tampak pawai rombongan umat muslim. Karena berpapasan satu sama lain, dua kelompok agama ini pun saling tersenyum dan menyapa satu sama lain.

Momen Muslim & Hindu pawai bareng Berbagai sumber

foto: TikTok/@eptbls